sign up SIGN UP search


Minggu 31

Minggu 32

Minggu 33
kehamilan

Bayi Bunda Seukuran Buah Melon Hijau

Berat 1800 - 2000 gr
Tinggi 40 - 42 cm

Paru-paru janin terus berkembang, meskipun masih dibutuhkan beberapa minggu lagi untuk mencapai kematangan. Kuku kaki dan tangan terbentuk sepenuhnya minggu ini. Bulu mata dan alis juga tumbuh pada kehamilan 32 minggu.

Janin sedang bersiap-siap turun ke arah jalan lahir. Jika posisi kepala sudah di bawah, mungkin mereka akan merasa lebih sempit saat ini.

Kemampuan janin untuk mengisap dan menelan semakin berkembang. Pada 32 minggu kehamilan, bayi akan berlatih mengisap dan menelan untuk mempersiapkan sistem pencernaan mereka saat minum susu.

Di minggu ke-32 kehamilan, janin juga mulai berlatih bernapas dengan menghirup cairan ketuban. Lengan, tungkai, dan tubuh bayi terus terisi dan menjadi proporsional dengan kepalanya.



Bunda Jangan Lupa
  • Menghitung Tendangan Bayi Hal ini penting untuk mengetahui kondisi bayi sehat dalam kandungan.
  • Menyiapkan Perlengkapan Bayi Mulai mengemas perlengkapan bayi dan persiapan melahirkan dalam tas khusus.
  • Kontrol ke Dokter Melakukan USG untuk memastikan kepala bayi sudah di bawah.
  • Mencari Tahu Mengenai Braxton Hicks Sebagian ibu hamil akan mulai merasakan braxton hicks atau kontraksi palsu yang jauh lebih kuat dari sebelumnya. Hal ini biasanya membuat Bunda kebingungan karena memang sudah mendekati waktu bersalin.

Bunda Baiknya
  • Melakukan Persiapan Melahirkan Menyiapkan segala keperluan melahirkan seperti misalnya kartu asuransi atau BPJS.
  • Melakukan Perawatan Mandi uap yang nyaman dan santai untuk membantu Bunda lebih rileks.
  • Makan Kurma Mengonsumsi kurma menurut penelitian akan membantu persalinan jadi lebih mudah. Bunda yang makan kurma jelang persalinan akan lebih mudah melewati persalinan dibandingkan yang tidak makan.

Apa Bunda Merasakan
  • Sesak Napas Ini bukan masalah berat, karena sesak napas yang Bunda rasakan merupakan efek dari gerakan janin yang mendapat banyak udara.
  • Payudara Bocor Payudara mungkin akan terasa lebih besar, dan sudah memproduksi kolostrum, yaitu cairan kuning tebal yang akan dimakan bayi dalam beberapa hari pertama kehidupan. Jangan kaget ya, Bunda, kalau melihat rembesan ASI saat kehamilan baru 8 bulan.
  • Keputihan Akan ada peningkatan keputihan sebagai cara tubuh dalam mempersiapkan kelahiran, untuk mencegah infeksi di area vagina.

Pada perkembangan janin minggu ke-32, paru-paru hampir matang. Sedangkan kaki dan yangan terbentuk sepenuhnya di minggu ini. Janin berlatih bernapas dengan menghirup cairan ketuban. Beratnya naik menjadi 1800 gram atau seukuran labu.