sign up SIGN UP search


Minggu 32

Minggu 33

Minggu 34
kehamilan

Bayi Bunda Seukuran Buah Melon Hijau

Berat 2000 gr
Tinggi 40 - 43 cm

Cairan ketuban sudah mencapai batas maksimal pada usia kehamilan 33 minggu. Itu sebabnya, tendangan dan gerakannya jauh lebih terasa pada akhir-akhir ini.

Pada minggu ini, penglihatan janin juga akan semakin berkembang. Janin sudah bertindak seperti bayi, di mana kemampuan membuka dan menutup mata sudah lebih bagus. Janin akan membuka mata saat bangun, dan menutup matanya saat tidur.

Kondisi dinding rahim menjadi lebih tipis, akan membuat cahaya menembus rahim. Itu membantu bayi membedakan antara siang dan malam.

Pada minggu ke-33 kehamilan, janin mencapai tonggak penting karena sudah punya sistem kekebalan sendiri. Antibodi disalurkan dari Bunda ke janin ketika mengembangkan sistem kekebalan tubuhnya. Ini akan sangat berguna saat ia lahir untuk menangkis segala jenis kuman.

Pada bayi laki-laki, buah zakarnya mungkin sudah masuk dalam skrotum. Terkadang, salah satu atau kedua buah zakar belum masuk ke posisinya sampai setelah lahir.



Bunda Jangan Lupa
  • Mengonsumsi Makanan Tinggi Kandungan Asam Lemak Omega-3 (DHA). DHA banyak ditemukan dalam minyak ikan. Selain bagus untuk bayi, DHA juga bermanfaat untuk mencegah kelahiran prematur dan melindungi dari depresi persalinan.
  • Hitung Gerakan Janin Menghitung gerakan janin pada pagi dan sore. Periksa jam dan mulailah menghitung setiap gerakan, gulir, tendangan hingga 10 kali.
  • Jangan Berdiri Terlalu Lama Menghindari berdiri terlalu lama untuk mencegah varises.

Bunda Baiknya
  • Siapkan Camilan Sehat Memakan camilan atau jus untuk memancing gerakan J\janin.
  • Pilih Buah yang Mengandung Biotin Mengonsumsi banyak biotin, asupan nutrisi penting bagi ibu hamil dan janin yang banyak terkandung dalam alpukat, pisang, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh.
  • Mencari Informasi Tentang Menyusui Mencari informasi dengan membaca atau mengikuti kelas persiapan menyusui.

Apa Bunda Merasakan
  • Susah Tidur Bunda akan lebih sering buang air kecil saat malam hari, kram kaki, mulas dengan perut sebesar bola bakset. Semua hal ini akan membuat Bunda jadi lebih sulit tidur.
  • Nyeri Ligamen Selama Bunda tidak mengalami demam, kedinginan, atau pendarahan tidak ada yang perlu dikhawatirkan.
  • Kuku Rapuh Hormon kehamilan akan membuat kuku tumbuh lebih cepat, tetapi jadi rapuh.

Pada perkembangan janin minggu ke-33, gerakan janin sudah jauh berkurang karena tingkat cairan ketuban mencapai jumlah maksimal. Penglihatan sudah berkembang jauh. Beratnya mungkin akan bertambah 200 gram dari minggu lalu atau seukuran nanas.