sign up SIGN UP search


Minggu 33

Minggu 34

Minggu 35
kehamilan

Bayi Bunda Seukuran Buah Melon Hijau

Berat 2200 - 2400 gr
Tinggi 45 cm

Pada minggu ke-34, perkembangan janin sudah mendekati sempurna. Sebagaian besar organ utama seperti pencernaan, pernapasan, dan sistem saraf sudah bisa bekerja sendiri. Dalam minggu ini, posisi kepala bayi juga sudah turun ke bawah atau biasa disebut posisi head-down.

Sedangkan ruangan rahim jadi lebih sempit, jadi sikut dan lutut bayi mulai sering terlihat menonjol di perut Bunda. Sama seperti minggu sebelumnya, bayi juga akan membuka mata saat bangun, dan menutup matanya ketika tertidur. Kemampuan tersebut akan membantu mereka menyesuaikan dengan jadwal tidur.

Di samping itu, lapisan lilin yang licin pada kulit bayi (vernix) mulai menebal minggu ini. Lapisan vernix akan mulai menipis dalam beberapa minggu ke depan. Sedangkan pada janin laki-laki testis akan mulai turun di usia kehamilan 34 minggu.

Tengkorak bayi masih cukup lentur dan belum sepenuhnya menyatu, untuk memudahkan melalui jalan lahir. Tapi tulang di bagian lainnya akan mulai mengeras, dan kulitnya semakin cerah.



Bunda Jangan Lupa
  • Hindari Obat Tetes Mata Menghindari pemakaian kacamata hitam dan obat tetes mata, meskipun penglihatan menjadi buram.
  • Batasi Garam Menjaga asupan makan, terutama membantasi konsumsi garam. Batasi mengonsumsi acar.
  • Olahraga Ringan Jalan cepat atau yoga untuk membantu meningkatkan aliran darah dan endorfin yang lebih baik.

Bunda Baiknya
  • Pakai Celana Berbahan Katun Memakai celana dalam berbahan katun untuk mengatasi ketidaknyamanan akibat keputihan yang meningkat.
  • Senam Kegel Melakukan senam kegel untuk membantu meningkatkan sirkulasi ke area penyebab wasir dan sembelit.
  • Berendam Air Hangat Berendam air hangat untuk membuat tubuh lebih rileks, serta mengurangi nyeri punggung dan pembengkakan kaki.
  • Pijat Perineum Memulai pijat perineum dengan Ayah jika berencama melahirkan normal. Pijatan ini membantu meningkatkan plastisitas perineum, dan mengurangi robek perineum selama persalinan.

Apa Bunda Merasakan
  • Penglihatan Kabur Pandangan Bunda akan sedikit lebih buram akhir-akhir ini. Penurunan produksi air mata dapat membuat mata kering dan teritasi, terutama jika memakai softlens.
  • Gas Berlebih Bunda juga akan merasakan gas berlebih di usia kehamilan 34 minggu. Kecemasan hanya akan membuat gas lebih buruk. Penumpukan gas terjadi karena Bunda cenderung menelan lebih banyak udara ketika stres.
  • Keputihan Meningkat Pada minggu ini, akan ada peningkatan keputihan yang lebih banyak dari sebelumnya. Hormon kehamilan, yaitu esterogen menyebabkan aliran darah ke daerah panggul meningkat dan merangsang selaput lendir.

Pada perkembangan janin minggu ke-34, organ utama seperti pencernaan, pernapasan, dan sistem saraf sudah bisa bekerja sendiri. Posisi kepala bayi juga sudah turun ke bawah menuju jalan lahir. Ukurannya mencapai 2.400 gram atau seukuran melon.