sign up SIGN UP search


Minggu 34

Minggu 35

Minggu 36
kehamilan

Bayi Bunda Seukuran Buah Melon Hijau

Berat 2400 - 2500 gr
Tinggi 46 cm

Pendengaran bayi pada minggu ini sudah berkembang speenuhnya. Janin sudah bisa merespons baik terhadap suara-suara bernada tinggi. Pada janin anak laki-laki, mungkin minggu ini testis sudah sepenuhnya turun.

Perkembangan kekuatan otak bayi pun cukup mengejutkan. Sedangkan tengkorak yang melindunginya tetap lembut atau lunak, untuk memudahkannya melalui jalan lahir.

Sedangkan ginjal dan hati sudah bekerja dengan baik. Begitu pula dengan pendengaran yang sudah berkembang sangat baik. Janin mungkin bereaksi pada suara Ayah, dan bunyi bernada tinggi di sekitar Bunda.

Berat bayi bertambah dan membuat lapisan yang diperlukan untuk mengatur suhu tubuh. Paru-paru bayi sudah berkembang sempurna.



Bunda Jangan Lupa
  • Mempelajari Tanda-tanda melahirkan Mempelajari tanda-tanda melahirkan seperti air ketuban pecah, kontraksi yang menyakitkan, dan kontraksi yang teratur.
  • Hindari Panas Hindari ruangan terlalu panas dan pengap agar tak memicu sakit kepala.
  • Duduk Tegak Duduk tegak saat makan dan beberapa jam setelahnya, untuk menghindari mulas yang mengganggu.

Bunda Baiknya
  • Tes Tambahan Melakukan tes Streptokokus B Group untuk memeriksa apakah ada bakteri yang berbahaya saat bayi lahir.
  • Perbanyak Buah dan Sayur Perbanyak makan buah dan sayur atau suplemen yang mengandung vitamin C untuk mengatasi gusi berdarah.
  • Jaga Asupan Gula Jaga asupan gula untuk mencegah komplikasi berbahaya pada ibu hamil.

Apa Bunda Merasakan
  • Nyeri di Pinggul dan Panggul Ligamen mengendur menjadi salah satu cara tubuh mempersiapkan kelahiran bayi. Efeknya, Bunda akan merasakan nyeri sekitar pinggul dan panggul.
  • Kontraksi Braxton Hicks Kontraksi palsu didefinisikan juga sebagai kontraksi intermiten. Umumnya tanpa rasa sakit dan terjadi setiap 10 hingga 20 menit setelah trimester pertama kehamilan.
  • Ruam Kulit Ibu hamil jangan panik ya jika mengalami gatal dan ruam pada perut. Ruam ini tidak akan membahayakan janin di dalam rahim.

Pada perkembangan janin minggu ke-35, Pendengarannya sudah berkembang sepenuhnya. Janin sudah bisa merespons baik terhadap suara-suara bernada tinggi. Beratnya sekitar 2.500 gram, naik sedikit dari minggu lalu.