sign up SIGN UP search


Minggu 35

Minggu 36

Minggu 37
kehamilan

Bayi Bunda Seukuran Buah Semangka

Berat 2700 - 3100 gr
Tinggi 45 - 48 cm

Pada minggu ini, janin sudah terlihat sempurna seperti bayi pada umumnya. Bahkan pendengarannya sudah lebih tajam dibanding sebelumnya. Janin bahkan sudah dapat mengenai suara dan lagu yang akan menjadi favoritnya setelah lahir.

Pada usia kehamilan masuk 36 minggu, tulang tengkorak bayi belum menyatu dengan kepala untuk mempermudah melalui jalan lahir. Tengkorak bayi bukan satu-satunya struktur lunak di tubuh mungilnya. Sebagian besar tulang beserta tulang rawannya juga cukup lunak, memungkinkan perjalanan yang lebih mudah ketika persalinan tiba.

Sitem pencernaannya sudah cukup matang, sebagai tanda ia sudah siap untuk hidup di luar rahim ibunya. Sirkulasi darah juga sudah bekerja dan disempurnakan. Sama halnya dengan sistem kekebalan bayi yang cukup berkembang untuk melindungi bayi dari infeksi di luar rahim.

Sedangkan rambut halus lanugo dan selaput putih vernix caseosa akan terus luruh pada minggu ini. Janin akan menelan rambut dan kulit tersebut. Setelah dicerna, keduanya masih akan ada di perutnya sebagai meconium, zat lengket hitam atau hijau tua. Di mana nantinya meconium ini akan menjadi kotoran pertamanya setelah lahir.



Bunda Jangan Lupa
  • Waktunya Kontrol ke Dokter Berdiksusi dengan dokter mengenai keputusan bersalin, apakah bisa dilalui secara normal atau harus caesar.
  • Latihan Kegel Latihan kegel untuk membantu bayi turun dan mempermudah persalinan.

Bunda Baiknya
  • Mempersiapkan Fisik Sebelum Persalinan Latihan panggul, mandi air hangat dan kompres hangat untuk meredakan nyeri panggul.
  • Melengkapi Persiapan Persalinan Menyiapkan semua keperluan melahirkan dalam 1 tas khusus.
  • Memakai Bra Menyusui Tidur memakai bra menyusui agar lebih nyaman, karena dirancang untuk menopang payudara yang membengkak.
  • Melakukan Pijatan yang Dibutuhkan Melakukan pijatan yang bisa membantu proses persalinan.

Apa Bunda Merasakan
  • Nyeri Panggul Tambahan tekanan dari kepala bayi yang mulai membenam lebih dalam ke panggul, akan menimbulkan rasa nyeri.
  • Payudara Sakit Bunda tidak perlu panik jika merasakan payudara nyeri. Ini merupakan cara payudara mempersiapkan diri untuk menyusui bayi setelah kelahirannya.
  • Keputihan Semakin Banyak Pada minggu ini, serviks semakin memanjang dan mengandung ledir yang kental atau biasa kita sebut dengan keputihan nih, Bunda.

Pada perkembangan janin minggu ke-36, bentuknya sudah terlihat sempurna dan pendengaran lebih tajam. Posisi janin akan lebih rendah ke panggul. Beratnya mencapai 2.700 gram dengan panjang sekitar 45-48 cm.