sign up SIGN UP search


Minggu 6

Minggu 7

Minggu 8
kehamilan

Bayi Bunda Seukuran Buah Raspberry

Berat 1 gr
Tinggi 0,2 cm

Di usia kehamilan tujuh minggu, otak bayi dalam kandungan berkembang pesat. Bentuk wajah si kecil juga mulai terbentuk dan sudah seukuran blueberry. Meskipun masih sangat kecil, tapi dia berkembang 10 ribu kali lebih besar dibanding sebulan yang lalu.

Bila Bunda memeriksa melalui ultrasonografi (USG), ada bintik-bintik gelap yang menandai mata, lubang hidung, mulut, dan telinga.

Sel-sel saraf di otak bayi tumbuh dengan kecepatan yang luar biasa, yaitu 100.000 sel per menit. Janin sudah mulai bergerak, namun Bunda belum bisa merasakannya.

Jantungnya sudah terbagi menjadi bilik kanan dan kiri. Serta berdenyut 150 kali per menit atau kurang lebih dua kali kecepatan jantung orang dewasa.



Bunda Jangan Lupa
  • Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi Makanan bergizi sangat penting untuk membangun kekebalan tubuh, agar terlindung dari infeksi virus, serta memberikan perlindungan ekstra bagi tubuh. Pastikan memasukan buah dan sayur dalam menu sehari-hari untuk mengimbangi gizi Bunda selama hamil. Keduanya juga berperan untuk mencegah ibu hamil sembelit.
  • Menghindari Kosmetik Berbahaya Pastikan produk kecantikan yang digunakan aman untuk ibu hamil. Hindari pemakaian produk kecantikan yang mengandung merkuri BHA, Hydroquinone, Benzoil Peroxide, Retinoid, Rhodamin, dan amonia yang biasanya ditemukan di cat kuku atau cat rambut.
  • Minum Vitamin Prenatal yang Diresepkan Dokter Dokter biasanya akan meresepkan vitamin prenatal berupa asam folat, yang berpengaruh hingga 70 persen dalam pertumbuhan otak janin dibanding zat gizi lainnya.

Bunda Baiknya
  • Mencari Informasi Tentang Tes Prenatal Sejak minggu ketujuh kehamilan, Bunda sebaiknya mencari informasi tentang tes prenatal yang mungkin dilakukan. Seperti misalnya tes Chorionic villus sampling dan tes darah.
  • Menyiapkan Pakaian Longgar Pakaian longgar tidak hanya nyaman, tapi juga akan membantu mengurangi rasa sakit akibat heartburn.
  • Mulai Merawat Kulit Merawat kulit bukan berarti hanya untuk wajah, di sini Bunda disarankan untuk memulai memakai cream atau minyak esensial di bagian perut untuk mengurangi gatal dan perih akibat peregangan kulit.

Apa Bunda Merasakan
  • Morning Sickness Pada kehamilan 7 minggu, Bunda biasanya akan merasakan mual dan muntah lebih dari minggu sebelumnya. Coba konsumsi jahe, jeruk, apel, pisang, biskuit dan makanan atau minuman dingin.
  • Ngidam Pada minggu ini, sebagian ibu hamil akan merasakan ngidam sesuatu. Ngidam berhubungan dengan perubahan Peptida Opioid Endogen (POE), beta endorfin, dan enkafelin yang meningkat selama hamil. Ketiganya berhubungan kuat dengan asupan makanan sehingga memicu ibu hamil cenderung menginginkan makanan tertentu.
  • Berjerawat Penyebab munculnya jerawat atau jerawat bertambah parah selama kehamilan karena berfluktuasinya hormon-hormon penyebab jerawat.

Pada perkembangan janin minggu ke-7, otak sudah berkembang pesat. Bentuk wajahnya pun sudah mulai terbentuk dan ukurannya kira-kira sebesar buah bluberry. Janin berkembang 10 ribu lebih besar dibanding bula lalu.