sign up SIGN UP search


Minggu 7

Minggu 8

Minggu 9
kehamilan

Bayi Bunda Seukuran Buah Anggur

Berat 1 gr
Tinggi 1,6 cm

Memasuki usia kehamilan delapan minggu, bentuk wajah sudah terlihat lebih jelas. Melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG), kita bisa melihat telinga, bibir atas, dan ujung hidung bayi. Kelopak mata juga akan terbentuk dan melipat di minggu ini.

Selain itu, muncul jaringan selaput pada jari-jari tangan dan kaki bayi. Nah, di usia delapan minggu ini, jantung si kecil semakin kuat. Perkembangan otaknya semakin kompleks.

Bagian ujung hidung sudah ada, lengannya kini menekuk pada siku dan sedikit membengkok. Gigi dan langit-langit mulut sudah mulai terbentuk. Kulit bayi setipis kertas, membuat pembuluh venanya terlihat.



Bunda Jangan Lupa
  • Kunjungi Dokter Minggu ke-8 kehamilan saatnya kembali kontrol kandungan nih, Bunda. Tanyakan seputar perkembangan janin dan obat-obatan yang boleh dikonsumsi. Diskusikan juga penggunaan obat yang sedang dijalani sebelum hamil atau mulai hamil. Cari tahu apakah kondisi kerja berbahaya bagi bayi
  • Menjaga Pola Makan Pada minggu ini bisanya mual akan terasa lebih kuat, menyebabkan Bunda susah menelan makanan. Tapi, usakan untuk tetap menjaga asupan makan dan cairan agar tidak dehidrasi.
  • Pelajari Tentang Infeksi Kehamilan Pelajari soal infeksi kehamilan sebagai cara melindungi janin dan diri sendiri.

Bunda Baiknya
  • Buat Janji dengan Dokter Gigi Konsultasi ke dokter gigi untuk memeriksa kesehatan mulut, gigi, dan gusi.
  • Sediakan Camilan Sehat Bunda bisa menyiapkan berbagai camilan sehat untuk mengurangi mual dan perut perih yang mengganggu.
  • Latihan Kegel Sering melakukan latihan kegel untuk membantu menguatkan otot yang mendukung kandung kemih, rahim, dan usus.

Apa Bunda Merasakan
  • Morning Sickness Pada minggu-minggu ini Bunda akan merasakan mual dan muntah hampir sepanjang hari. Pagi hari menjadi waktu yang paling parah, jadi disarankan untuk mengatur ulang jadwal kegiatan.
  • Kelelahan Perubahan hormon kehamilan membuat Bunda jadi mudah lelah, ditambah dengan susah tidur membuat jadwal istirahat harus diatur ulang.
  • Sering Buang Air Kecil Usahakan untuk tidak banyak minum jelang tidur. Selain itu, kurangi juga minuman yang mengandung kafein agar frekuensi buang air kecil tidak semakin meningkat.
  • Payudara Terasa Berbeda Payudara akan terasa lembut dan lebih berat

Pada perkembangan janin minggu ke-8, ukuran bayi sudah sebesar buah raspberry dan bentuk wajahnya sudah jelas. Saat USG, sudah terlihat telinga, bibir atas dan ujung hidungnya.