sign up SIGN UP search


Minggu 8

Minggu 9

Minggu 10
kehamilan

Bayi Bunda Seukuran Buah Kurma

Berat 1,9 gr
Tinggi 2,2 cm

Memasuki usia sembilan minggu kehamilan, menjadi tahapan kritis pembentukan organ tubuh bayi. Organ reproduksi bayi mulai terbentuk, bersamaan dengan beberapa organ kunci lainnya, seperti pankreas dan kantung empedu. Pada minggu ini, ukuran bayi dua kali lipat.

Selain itu, jari-jari mungil sudah tumbuh lebih panjang, dan ujungnya sedikit membesar. Gerakan bayi dalam kandungan pun sudah bisa dirasakan Bunda.

Lengannya sudah tumbuh dan tangannya kini melipat di pergelangan dan bertemu di atas jantung. Tungkainya memanjang dan kakinya bisa cukup panjang untuk bertemu di bagian depan tubuh.



Bunda Jangan Lupa
  • Istirahat Cukup Tubuh lebih sering lelah dan pusing akibat perubahan hormon. Usahakan untuk mendapat tidur siang. Kalau tidak memungkinkan, cobalah untuk tidur lebih cepat pada malam harinya.
  • Konsumsi Makanan Sehat Konsumsi makanan sehat yang mengandung banyak protein dan sedikit gula. Tapi ingat, jangan melakukan diet, Bunda.
  • Konsumsi Vitamin Prenatal Konsumsi vitamin prenatal yang mengandung asam folat untuk membantu perkembangan otak janin. Selain itu, mengonsumsi asam folat di awal kehamilan juga dapat mencegah bibir dan langit-langit mulut sumbing.
  • Olahraga Ringan Olahraga ringan seperti jalan-jalan selama 30 menit per hari.

Bunda Baiknya
  • Melakukan Meditasi Melakukan meditasi untuk mencegah stres.
  • Memilih Barang Rumah Tangga Yang Aman Memeriksa dan memilah peralatan rumah tangga, ganti dengan yang ramah lingkungan serta tidak berbahaya.

Apa Bunda Merasakan
  • Konstipasi Pada usia kehamilan 9 minggu, ibu hamil akan merasa mudah lelah, sering buang air kecil, mulas, konstipasi atau sembelit. Perbanyak makan buah, sayur, dan asupan air untuk meredakan sembelit. Buah yang banyak air seperti semangka, dapat membantu menguranginya.
  • Payudara Gatal dan Nyeri Pada minggu ini, mungkin payudara Bunda akan mulai terasa lebih penuh, disertai gatal dan sedikit nyeri. Pakailah baju yang longgar untuk membuat tubuh lebih nyaman. Hindari mandi air hangat dan sabun yang memicu kulit makin gatal.

Pada perkembangan janin minggu ke-9, organ-organ penting sudah mulai terbentuk. Jari-jari janin sudah terbentuk, dan ukurannya pun naik menjadi sekitar 1,9 gram atau setara buah ceri nih, Bunda.