sign up SIGN UP search


Hari 4

Hari 5

Hari 6
program-hamil

Menjalankan Gaya Hidup Sehat dan Olahraga


Hari kelima mempersiapkan tubuh untuk hamil, kini tak hanya mengandalkan konsumsi makanan dengan gizi seimbang saja. Selain itu, Bunda bisa memulai untuk rutin berolahraga nih.

Saat menjalani program hamil, di samping olahraga jangan lupa untuk terus konsumsi suplemen penunjang seperti multivitamin dan asam folat.

Fokus Bunda pada hari ini adalah memulai olahraga serta menjalankan gaya hidup yang sehat. Satu hal yang tak boleh ketinggalan, tetap hitung kalender kesuburan.



Bunda Jangan Lupa
  • Mengonsumsi Asam Folat Mengonsumsi asam folat setiap hari bermanfaat untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Asam folat bisa didapat melalui sayuran, kacang-kacangan, dan hati ayam.
  • Mengonsumsi Makanan Sehat Selama program kehamilan, Bunda disarankan tetap konsisten untuk mengonsumsi makanan sehat. Jangan tergiur dengan makanan siap saji dengan gizi yang tak seimbang ya.
  • Hindari Gaya Hidup Tak Sehat Gaya hidup tak sehat seperti merokok dan minum alkohol sangat membahayakan kehamilan. Sebaliknya, lakukan gaya hidup sehat seperti olahraga.

Bunda Baiknya
  • Memulai Olahraga Mulailah menggerakkan tubuh Bunda setidaknya empat hingga lima kali seminggu. Olahraga adalah cara lain yang bagus untuk mempersiapkan kehamilan. Lakukan setidaknya 30 menit aktivitas sedang untuk total 150 menit setiap minggu. Pilih sesuatu yang ringan seperti berjalan kaki. Mulailah dengan hanya 10-15 menit pada suatu waktu, dan lanjutkan hingga durasi yang lebih lama. Jika ingin lebih banyak tantangan, cobalah kegiatan yang penuh semangat seperti jogging, bersepeda, atau hiking.
  • Konsumsi Multivitamin Untuk memberikan tubuh apa yang dibutukan selama kehamilan. Mengonsumsi multivitamin bisa mengurangi risiko kurang gizi selama kehamilan.

Apa Bunda Merasakan
  • Payudara Melunak Pernahkah Bunda memperhatikan bahwa payudara terkadang terasa lunak saat disentuh? Hormon yang diproduksi tubuh setelah ovulasi menyebabkan hal ini.
  • Keluar Lendir/Mukus dari Vagina Jika konsistensi lendir atau mukus dari vagina seperti putih telur. Itu bisa menjadi pertanda masa kesuburan.

Program Hamil Hari ke-5, tetap konsisten untuk terus konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Fokus Bunda pada hari ini menjalankan gaya hidup yang sehat.