sign up SIGN UP search


Hari 6

Hari 7

Hari 8
program-hamil

Lakukan Vaksin Setelah Medical Check Up


Hari ketujuh, setelah medical check-up dan sudah mengenal kondisi tubuh, Bunda disarankan cek atau melakukan vaksinasi.

Tetap konsumsi makanan yang sehat dengan gizi seimbang. Jangan lupa tetap rutin berolahraga, konsumsi suplemen penunjang seperti multivitamin dan asam folat. Hindari paparan asap rokok dan minum alkohol.

Fokus Bunda pada hari ini adalah cek atau konsultasi mengenai vaksinasi sebelum hamil serta menjalankan gaya hidup yang sehat. Satu hal lagi, tetap hitung kalender kesuburan.



Bunda Jangan Lupa
  • Mengonsumsi Multivitamin dan Asam Folat Selama program kehamilan, Bunda perlu Mengonsumsi Multivitamin dan Asam Folat. Multivitamin untuk mencegah kekurangan nutrisi sementara asam folat untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi.
  • Mengonsumsi Makanan Sehat Perhatikan gula, garam, dan lemak di makanan yang Bunda konsumsi. Usahakan tahan dahulu keinginan untuk menyantap makanan siap saji dan makanan proses ya.
  • Olahraga, Hindari Rokok, dan Alkohol Lakukan olahraga, setidaknya tiga sampai lima kali dalam seminggu. Hindari gaya hidup tak sehat seperti merokok dan minum alkohol karena sangat membahayakan kehamilan.

Bunda Baiknya
  • Konsultasi ke Dokter Mengenai Vaksinasi Konsultasi langsung dengan dokter kandungan untuk mengetahui semua vaksinasi yang mungkin telah kedaluwarsa (tetanus, rubella, dll). Jika Bunda hamil, vaksinasi kelak membuat janin tetap sehat dan terlindungi.

Apa Bunda Merasakan
  • Sakit Perut Bagian Bawah Sakit ringan atau nyeri di perut bagian bawah, biasanya di satu sisi atau yang lain merupakan tanda Bunda sedang memasuki masa kesuburan.
  • Keluar Lendir/Mukus dari Vagina Jika konsistensi lendir atau mukus dari vagina seperti putih telur. Itu bisa menjadi pertanda masa kesuburan.

Program Hamil Hari ke-7, tetap konsumsi makanan bergizi seimbang dan asam folat. Setelah medical check-up dan sudah mengenal kondisi tubuh, Bunda disarankan melakukan vaksinasi.