sign up SIGN UP search


Hari 7

Hari 8

Hari 9
program-hamil

Buat Jadwal Kontrol dengan Dokter Kandungan


Hari kedelapan, konsultasi dan cari tahu informasi tentang vaksinasi. Saatnya menjadwalkan kapan akan bertemu dokter kandungan sesi selanjutnya.

Sepanjang program kehamilan, Bunda perlu konsumsi makanan yang sehat dengan gizi seimbang. Jangan lupa juga tetap rutin berolahraga, konsumsi suplemen penunjang seperti multivitamin dan asam folat.

Hindari pula paparan asap rokok dan minum alkohol. Fokus Bunda pada hari ini adalah membuat jadwal kunjungan prakonsepsi dengan dokter kandungan. Kemudian, tetap hitung kalender kesuburan ya.



Bunda Jangan Lupa
  • Mengonsumsi Multivitamin dan Asam Folat Jangan lupa hari ini Konsumsi Multivitamin dan Asam Folat ya. Multivitamin untuk mencegah Bunda dari kekurangan nutrisi sementara asam folat untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi.
  • Mengonsumsi Makanan Sehat Perhatikan keadaan dan kandungan gizi dari makanan yang Bunda konsumsi. Tahan dahulu keinginan untuk menyantap makanan siap saji dan makanan yang telah diproses, usahakan konsumsi makanan segar yang diolah sendiri.
  • Hindari Gaya Hidup Tak Sehat Hindari gaya hidup tak sehat seperti merokok dan minum alkohol karena sangat membahayakan kehamilan. Jangan sungkan tegur suami jika merokok di depan Bunda. Imbangi dengan olahraga.

Bunda Baiknya
  • Jadwalkan Kunjungan Prekonsepsi Jadwalkan kunjungan prakonsepsi khusus dengan dokter kandungan. Beberapa area pemeriksaan mungkin akan sama dengan medical check up. Siapkan daftar pertanyaan seputar reproduksi yang lebih spesifik agar tidak membingungkan. Tanyakan hal yang mengkhawatirkan mulai dari skrining penyakit menular seksual (PMS) hingga skrining untuk kesiapan kehamilan.

Apa Bunda Merasakan
  • Keputihan Keluarnya cairan keputihan atau bercak coklat itu tanda normal ovulasi.
  • Keluar Lendir/Mukus dari Vagina Apabila konsistensi lendir atau mukus yang keluar dari vagina seperti putih telur. Itu menandakan Bunda dalam masa subur.

Program Hamil Hari ke-8, saatnya membuat jadwal kunjungan prakonsepsi dengan dokter kandungan. Kemudian, tetap hitung kalender kesuburan dan mengonsumsi asam folat.