sign up SIGN UP search


Hari 8

Hari 9

Hari 10
program-hamil

Lacak Siklus Menstruasi


Hari kesembilan, setelah membuat jadwal konsultasi dan mencari tahu informasi tentang vaksinasi. Saatnya Bunda melacak siklus menstruasi.

Sepanjang program kehamilan, Bunda perlu konsumsi makanan yang sehat dengan gizi seimbang. Jangan lupa juga tetap menerapkan gaya hidup sehat.

Bunda perlu rutin berolahraga, konsumsi suplemen penunjang seperti multivitamin, asam folat serta menghindari paparan asap rokok. Fokus Bunda pada hari ini adalah melacak siklus menstruasi.



Bunda Jangan Lupa
  • Mengonsumsi Multivitamin dan Asam Folat Jangan lupa hari ini Konsumsi Multivitamin dan Asam Folat. Multivitamin bisa mencegah Bunda dari kekurangan nutrisi, lalu asam folat bisa mencegah cacat tabung saraf pada bayi.
  • Mengonsumsi Makanan Sehat Perhatikan kandungan gizi dari makanan yang dikonsumsi. Makanan yang sehat juga bisa mempengaruhi kesuburan.
  • Hindari Rokok dan Alkohol Jangan merokok dan minum alkohol karena sangat membahayakan kehamilan. Sebaliknya, lakukan gaya hidup sehat seperti olahraga.

Bunda Baiknya
  • Melacak Siklus Menstruasi Bunda pernah menggunakan alat kontrasepsi atau tidak, sekarang waktunya untuk memahami siklus menstruasi. Dengan mengetahui masa paling subur akan membantu hamil lebih cepat. Serta, memiliki pemahaman tentang siklus menstruasi yang akan membantu Bunda menemukan apakah ada yang salah dan mungkin perlu ditangani. Mulailah dengan mencatat kapan haid dimulai dan berakhir, untuk melihat bagaimana lamanya siklus menstruasi berubah dari bulan ke bulan.

Apa Bunda Merasakan
  • Keluar Lendir/Mukus dari Vagina Apabila konsistensi lendir atau mukus yang keluar dari vagina seperti putih telur. Itu menandakan Bunda dalam masa subur.
  • Suhu Tubuh Basal Meningkat Suhu tubuh basal yang meningkat bisa menjadi penanda Bunda dalam fase subur. Cara mengeceknya dengan melihat suhu tubuh sebelum buang air kecil di pagi hari.

Program Hamil Hari ke-9, fokus hari ini adalah melacak siklus menstruasi. Serta jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin dan melakukan olahraga secara rutin.