psikologi

Dampak Sering Memaksa Anak Agar Mau Diajak Foto

Radian Nyi Sukmasari 19 Jun 2017
Dampak Sering Memaksa Anak Agar Mau Diajak Foto/ Foto: ilustrasi/thinkstock Dampak Sering Memaksa Anak Agar Mau Diajak Foto/ Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Udah pakai baju keren dan momennya pas, tapi anak malah nggak mau diajak foto. Saking gemasnya bundanya pun 'menghalalkan' berbagai cara agar anaknya mau diajak foto.

Mengajak anak berfoto, boleh-boleh aja kok Bun. Hanya saja, kadang kan anak juga bisa menolak ya diajak foto. Kalau begini, kadang ada kita berusaha merayu anak dan tergoda 'menghalalkan' berbagai cara biar anak mau diajak foto. Tapi ada juga sih bunda yang kemudian menyeerah, mengikhlaskan anak nggak mau diajak foto.

Pernah suatu ketika saya hadir di sebuah acara Bun. Nah, ada lima orang bunda yang berfoto bareng sama anak-anaknya. Tapi, ada satu anak yang ogah diajak foto dan dia malah kabur. Si bunda sempat ngerayu anaknya kalau mau diajak foto bakal dibeliin cokelat tuh Bun. Tapi, si anak tetap nggak mau.

Akhirnya, si bunda agak memaksa anaknya. Bocah itu digendong paksa. Nah, pas pak fotografer menjepretkan kamera, si anak berpose memberontak. Waduh kok jadi begini posenya. Hu hu harapan dan kenyataan kadang nggak sejalan ya Bun.

Bunda sendiri, pernah nggak maksa anak supaya hanya mau diajak foto? Kalau pernah, Bunda perlu ingat bahwa sesuatu yang dilakukan anak tapi nggak sesuai sama keinginannya pasti bisa bikin dia nggak nyaman.

Dipaksa foto, bisa aja terdengar sepele ya Bun? Tapi Bunda tahu apa yang dirasakan anak saat itu? Anak bisa merasa nggak dihargai Bun.

"Anak bisa menghargai kalau dia pernah dihargai. Kalau dia nggak pernah merasa dihargai, di-respect sebagai dirinya sendiri, dia juga jadi nggak punya pengalaman menghargai orang lain," kata psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo M.Psi., Psikolog saat ngobrol sama HaiBunda.

Children see, children do. Anak akan mencontoh apa yang dilakukan orang dewasa. Hal ini juga berlaku ketika anak sering dipaksa lho Bun, meskipun dalam urusan sepele seperti diajak foto. Karena si kecil sering dipaksa bunda atau ayahnya untuk foto, kata Anas dia bisa aja bakal maksa temannya pas di sekolah kalau si teman nggak mau nurutin maunya dia Bun.

Makanya, Anas bilang kadang ada orang tua yang mikir kok anaknya jadi lebih bandel pas sekolah ya. Nah, itu bisa jadi si anak sebetulnya cenderung maksa temannya. Ya, karena pengalaman dia waktu kecil sering dipaksa, jadinya anak menyimpan pengalaman itu terus dipraktikkin deh Bun pas di sekolah.

"Baiknya kalau anak nggak mau difoto, ya udah nggak apa-apa. Atau mau difoto tapi cuma kelihatan ujung rambut atau kakinya. Ya udah nggak apa-apa, hargai dia," kata Anas.

Eh, tapi kalau Bunda punya tips bikin anak yang awalnya nggak mau diajak foto tapi dia jadi tertarik difoto dan akhirnya tersenyum manis, boleh lho Bun dibagikan di kolom komentar di bawah ini. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi