psikologi

Kata Kelly Clarkson Soal Disiplinkan Anak dengan Memukul Pantatnya

Radian Nyi Sukmasari 10 Jan 2018
Kata Kelly Clarkson Soal Disiplinkan Anak dengan Memukul Pantatnya/ Foto: Istimewa Kata Kelly Clarkson Soal Disiplinkan Anak dengan Memukul Pantatnya/ Foto: Istimewa
Jakarta - Memukul pantat anak bisa jadi masih dilakukan beberapa orang tua sebagai cara untuk mendisiplinkan. Nah, sebagai ibu dua anak penyanyi Kelly Clarkson juga punya cerita soal kebiasaan ini nih, Bun.

Dalam wawancara dengan radio.com baru-baru ini, Kelly bilang kalau dia menerapkan apa yang dilakukan orang tuanya dalam mendisiplinkan dirinya dulu. Termasuk memukul pantat si kecil River (3) dan Remington (21 bulan).

"Saya rasa itu nggak masalah. Saya memperingatkan anak-anak contohnya ke River saya akan bilang 'ibu akan memukul pantatmu kalau kamu nggak diam'," kata Kelly.

Tapi, Kelly juga nggak sering melakukan itu dan hanya pada waktu-waktu tertentu aja, Bun. Apalagi kalau di tempat umum, Kelly mengaku sebisa mungkin menghindari melakukan itu. Menurutnya, memukul pantat anak kadang jadi cara mendisiplinkan anak yang masih menuai beragam pandangan.



"Orang tua saya melakukan itu dan saya merasa nggak masalah. Saya pun menerapkan itu ke anak saya," ujar Kelly Clarkson.

Soal memukul pantat anak buat mendisiplinkan mereka, studi yang diterbitkan di jurnal El Sevier menganalisis efek jangka panjang hal itu terhadap kesehatan dari kekerasan fisik dan emosional terhadap 8.000 orang umur 19-97 tahun. Awalnya, data yang dikumpulkan tim di University of Manitoba di Canada, Emory University Medical School, dan Center for Disease Control di Atlanta ini dipakai menganalisis efek 'Adverse Childhood Experiences' atau ACE.

Peneliti menemukan memukul pantat yang nggak termasuk dalam ACE juga berdampak buruk seperti kekerasan yang dialami anak. Kalau anak sering dipukul pantatnya, mereka punya risiko lebih besar mengalami masalah kesehatan mental seperti depresi yang berujung pada keinginan bunuh diri, jadi peminum berat, dan memakai obat-obatan terlarang.

Dikutip dari Men's Health, dari studi ini ditemukan juga kalau memukul pantat nggak cuma bisa jadi bentuk pelecehan seksual tetai juga kekerasan pada anak, Bun.

Kalau menurut Bunda, gimana mendisiplinkan anak lewat memukul pantatnya seperti yang dilakukan Kelly Clarkson? Yes or no, Bun?

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi