psikologi

Unik, Bun! Ide Nama Bayi dari Luar Angkasa

Melly Febrida 15 Jan 2018
Ide Nama Bayi dari Luar Angkasa/ Foto: dok.HaiBunda Ide Nama Bayi dari Luar Angkasa/ Foto: dok.HaiBunda
Jakarta - Bunda masih mencari inspirasi nama bayi? Nama-nama dari luar angkasa, baik itu planet dan tata surya ini, mungkin bisa jadi pertimbangan, Bun.

Beberapa selebriti juga memberikan nama anaknya dengan nama-nama bayi unik yang terinspirasi dari luar angkasa. Misalnya saja Chris North, bintang Sex and the City itu menamai anaknya dengan Orion. Sedangkan Erykah Badu menamai putrinya Mars.

Sebenarnya ada banyak nama dalam tata surya yang bagus dijadikan nama untuk putra putri kita. Ini pilihannya, Bun, seperti yang dilansir Momjunction dan BabyCenter:

Nama Bayi Laki-laki

1. Jupiter

Jupiter, planet kelima dari matahari dan planet terbesar di tata surya. Ini nama yang menarik untuk anak laki-laki. Merupakan dewa utama dalam mitologi Romawi.

2. Vulcan

Vulcan adalah nama planet hipotetis yang keberadaannya dipertanyakan para ilmuwan pada tahun 1915. Nama tersebut cepat populernya. Kalau Bunda mencari nama unik untuk si kecil, nggak ada salahnya memberikan nama ini.

3. Merkurius

Merkurius merupakan planet yang paling dekat dengan matahari. Jika Merkurius terdengar terlalu kaku untuk anak, kita bisa menggunakan variasi santainya yakni Merc.

4. Pluto

Pluto mulanya dikenal sebagai nama planet ke-sembilan dalam tata surya kita. Namun kemudian Pluto digolongkan sebagai planet kerdil. Pluto sendiri berasal dari kata Latin yang berarti 'God of the Underworld'.

5. Janus

Janus merupakan nama salah satu bulan di Saturnus, didasarkan pada dewa Romawi dengan dua wajah. Ini adalah versi maskulin dari nama bulan Januari. Janice bisa jadi versi lain dari nama ini.



6. Mars

Nama Mars digunakan untuk menghormati dewa perang dalam mitologi Romawi. Nama ini tidak lagi terbatas hanya untuk anak laki-laki. Orang tua mulai menggunakan nama ini untuk anak perempuan juga.

7. Oberon

Oberon adalah nama bulan terbesar Uranus. Nama itu terdengar lebih kalau ditulis dan diucapkan sebagai Auberon. Gimana menurut Bunda?

8. Holmes

Komet Holmes pernah menjadi objek terbesar di tata surya. Katie Holmes dan Sherlock Holmes menggunakan Holmes sebagai nama keluarga. Kita juga bisa memakai Holmes sebagai nama depan atau tengah.

9. Neptunus

Neptunus adalah nama salah satu dari dua planet yang tidak bisa dilihat dari Bumi dengan mata telanjang. Nama planet ini berasal dari Neptunus, Dewa Air Yunani.

10. Orion

Orion, juga disebut The Hunter, adalah rasi bintang paling terang dan paling terkenal di langit. Konstelasi ini terdiri dari tiga bintang mencolok. Nama itu berasal dari mitologi Yunani, di mana Orion adalah pemburu yang hebat dan anak Poseidon. Arti Orion adalah 'batas'.

11. Aries

Konstelasi Aries menggambarkan seekor domba jantan, mewakili Golden Fleece di mitologi Yunani. Ares atau Arese akan menjadi alternatif yang bagus untuk Aries.

12. Leo

Leo adalah nama sebuah konstelasi yang berisi kelompok bintang berkilau. Konstelasi ini ditemukan cukup awal. Leo dinilai sebagai salah satu nama paling populer, di mana berada di posisi ke-134 untuk anak laki-laki di tahun 2014. Nama Leo, yang berarti 'singa', sangat populer di Roma kuno.

13. Sirius

Sirius adalah nama yang baik untuk si kecil. Disebut juga sebagai Bintang Anjing, Sirius adalah bintang paling terang di langit. Jadi anak laki-laki kita diharapkan akan selalu memancar dan bersinar ke mana pun dia pergi.

14. Rigel

Rigel adalah bintang raksasa di rasi Orion. Ini adalah bintang yang paling penting saat bepergian ke laut, karena bisa jadi penunjuk arah. Harapannya si kecil Anda tidak akan tersesat dengan nama ini.

15. Callisto

Callisto adalah nama bulan terbesar ketiga di alam semesta. Nama itu terinspirasi dari nimfa yang jatuh cinta pada Zeus dalam mitologi Yunani. Kita bisa mempersingkatnya jadi Callis atau Calli sebagai panggilan sayangnya.



Nama Anak Perempuan

1. Galexia

Ini adalah nama yang bagus dan unik, yang memang mengacu pada galaksi.

2. Andromeda

Andromeda adalah sebuah galaksi yang dinamai dengan nama putri mitologi Yunani. Nama itu berarti 'penguasa manusia'.

3. Ophelia

Ophelia adalah nama bulan mungil di Uranus. Bulan ini diberi nama menurut karakter dalam Hamlet karya William Shakespeare. Hmm, nama yang unik ya, Bun.

4. Titania

Titania adalah salah satu nama yang paling elegan untuk anak perempuan. Ini adalah nama bulan terbesar Uranus. Bunda bisa memanggilnya dengan Tania.

5. Portia

Portia adalah nama bulan terbesar Uranus. Terinspirasi nama protagonis wanita dari permainan The Merchant of Venice, yang menyamar sebagai pria untuk membela suaminya, Antonio, di pengadilan. Aktris Australia, Portia de Rossi, adalah salah satu yang paling populer menggunakan nama ini.

6. Venus

Merupakan [lanet terdekat kedua ke Matahari. Venus juga merupakan dewi kecantikan dan cinta dari Romawi. Venus terkesan sangat feminin.

7. Pandora

Pandora adalah nama bulan Saturnus. Hal ini dinamai sesuai dengan wanita pertama yang dianugerahi karunia para dewa dalam mitologi Yunani. Kotak Pandora berisi semua kejahatan dunia. Jadi nama ini berarti 'semua berbakat' dan terdengar menawan.



8. Phoebe

Phoebe merupakan bulan terluar Saturnus selama hampir 100 tahun yang artinya 'terang, berseri. Phoebe juga nama Dewi Bulan dan ibu dari Leto dalam mitologi Yunani. Kalau Bunda menyukai astronomi, nama Phoebe ini eksentrik lho.

9. Halley

Halley adalah istilah yang digunakan untuk komet periode pendek yang terlihat oleh mata telanjang manusia dari Bumi. Nama Halley cukup populer di AS. Halley Berry salah satu pembawa nama yang paling menonjol.

10. Astrid

Kalau dari Skandinavia ini berarti 'dewi cantik'.

11. Miranda

Miranda adalah nama salah satu dari lima bulan utama Uranus. Para ilmuwan telah memberi nama bulan Miranda, nama yang sama dengan pemimpin wanita dari The Tempest karya William Shakespeare. Nama Miranda berasal dari kata Latin, Mirandus, yang berarti 'dia yang harus dikagumi'.

12. Juliet

Juliet terkenal sebagai tokoh utama kisah cinta terbesar sepanjang masa, Romeo dan Juliet. Ini juga merupakan nama salah satu bulan Uranus. Arti dari nama Prancis ini adalah 'awet muda'. Jules atau Julie bisa jadi panggilan untuk Juliet.

13. Bianca

Bianca adalah nama bulan kecil di Uranus. Nama Bianca adalah paling populer di tahun 1991 dan menempati posisi ke 300 saat ini. Jadi itu nama yang sempurna untuk orang tua mencari nama yang tidak biasa, namun bermakna dan indah. Bianca juga merupakan nama putri Jean-Claude Van Damme.

14. Aurora

Nama Aurora berasal dari fenomena alam kemunculan cahaya merah dan hijau yang indah di langit. Ini biasanya terjadi di dekat kutub magnet selatan dan utara. Aurora juga merupakan nama Dewi Fajar Romawi, yang air matanya berubah menjadi embun pagi.

15. Ariel

Ariel bukan hanya nama putri Disney berambut merah tapi juga bulan terberat di Uranus.

16. Elara

Elara, salah satu bulan Jupiter. Elara juga merupakan salah satu pecinta Zeus dalam mitologi Yunani. Namanya sudah mulai populer sejak tahun 2013.

17. Luna

Luna adalah bahasa Latin untuk bulan. Nama bayi yang manis ini juga sangat bagus untuk nama tengah.

18. Cordelia

Cordelia adalah nama bulan dalam Uranus. Ratu Cordelia merupakan putri termuda King Lear dari drama Shakespeare. Sang putri terkenal karena pengabdiannya yang tak henti-hentinya pada ayahnya dan kejujuran yang tak tergoyahkan.

19. Cressida

Cressida adalah nama bulan dari Uranus. Dinamai menurut nama wanita terkemuka karya William Shakespeare di Troilus dan Cressida.

20. Lyra

Lyra adalah konstelasi seperti harpa di belahan bumi utara. Dinamai demikian dengan mengacu mitologi kuno Orpheus kuno.

21. Vega

Vega adalah bintang terberat kelima di tata surya kita. Penamaan bintang ini akan memastikan si kecil selalu bersinar.

22. Libra

Libra adalah nama rasi bintang, yang juga merupakan anggota sistem zodiak yang terkenal. Artinya adil, taktis dan seimbang, sehingga Libra akan membuat nama yang sempurna untuk bayi perempuan kita.

23. Estella

Kalau Bunda merasa Stella terlalu umum, Bunda bisa memilih Estelle. Estelle pernah dianggap sebagai nama kuno dari novel Charles Dickens, The Great Expectations, namun sekarang telah populer.

24. Alya

Sistem bintang Theta Serpentis pertama kali dikenal dengan nama Alya.

25. Alula

Alula adalah nama salah satu bintang kembar pertama yang ditemukan. Ini akan menjadi nama yang tepat untuk salah satu gadis kembar Bunda.

26. Nova

Nova memiliki arti bintang baru. Nama yang cerah dan indah ini akan mencerahkan kehidupan putri kita. (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi