psikologi

Bagi Nafa Urbach, Momen Mantan Suami Antar Anak Itu Indah Banget

Radian Nyi Sukmasari 29 Jan 2018
Bagi Nafa Urbach, Momen Mantan Suami Antar Anak Itu Indah Banget (Foto: Instagram/ @nafaurbach) Bagi Nafa Urbach, Momen Mantan Suami Antar Anak Itu Indah Banget (Foto: Instagram/ @nafaurbach)
Jakarta - Pasangan suami istri bisa saja bercerai. Tapi, bukan berarti hubungan orang tua dan anak selesai begitu saja. Sama kayak yang dilakukan Zack Lee nih, Bun. Meski sudah bercerai dari Nafa Urbach, dirinya tetap rutin mengantar si kecil Mikha ke sekolah. Momen saat Zack Lee mengantar Mikha pun disebut indah banget oleh Nafa.

Di bulan Desember lalu, Nafa Urbach dan Zack Lee resmi bercerai. Namun, ayah Zack Lee nggak menjadikan situasi itu sebagai hambatan dirinya tetap melakukan kegiatan rutin bersama putri kecilnya, Mikhaela Lee Jowono, yang berumur 6 tahun. Salah satunya, Zack Lee tetap mengantar Mikha ke sekolah, Bun.

Ini terlihat dari foto yang diunggah Nafa Urbach. Tampak foto Zack Lee dan Mikha dari belakang. Zack Lee yang pakai setelan jas menggandeng tangan Mikha yang pakai rok. Di foto itu, kelihatan banget cara ayah dan anak itu bergandengan menunjukkan kalau kasih sayang dan cinta di antara mereka nggak akan pernah pudar oleh keadaan.



"Nggak apa-apa yah posting foto ini. Bagaimanapun mereka satu darah dan foto ini indah banget. Ingetin aku sama papa aku (father and daughter). Makasih omlee udah jadi bapak yang baik untuk Mikha. Makasih untuk setiap waktu yang kamu luangkan," tulis Nafa Urbach dalam postingan fotonya.

Ya, kata Nafa, mantan suaminya itu memang berusaha meluangkan waktu pagi-pagi datang ke kediaman Nafa karena setelah berpisah, si kecil Mikha tinggal bersama bundanya. Bahkan, Ayah Zack Lee nggak keberatan lho, Bun, untuk datang jam 5 pagi demi mengantar Mikha ke sekolah.

"It's mean a lot to her. You guys looks so beautiful," ujar Nafa Urbach. Hmm, memang ya apa yang dilakukan Zack Lee bisa bikin kita para bunda melting karena perceraian nggak membuat Zack Lee lupa akan perannya sebagai ayah untuk Mikha.

Memang, Bun, penting banget buat pasangan suami istri yang sudah bercerai untuk tetap menjaga hubungan baik demi anak-anak. Karena, saat terjadi perceraian saja sudah pasti anak akan menjadi korban. Psikolog anak dan remaja, Ratih Zulhaqqi, bilang sebenarnya yang membuat dampak lebih besar pada anak bukan perceraiannya melainkan pertengkaran orang tua yang tanpa henti, saling memaki atau berteriak di depan anak.

[Gambas:Video 20detik]




"Hal ini sih yang lebih ngena ke anak daripada perceraian itu sendiri. Hal yang nggak kalah penting, ketika pasangan memilih bercerai, maka perlu menjelaskan pada anak situasi sebenarnya. Kita perlu menjelaskan pula bahwa bukan berarti orang tuanya menjadi musuh setelah bercerai. Jaga ego masing-masing jadi anak juga tetap fine that. Mau dikata orang gimanalah orang tuanya atau ditanya orang soal perceraian orang tuanya, anak tetap merasa oh ya this is my family," papar Ratih yang berpraktik di RaQQi Human Development and Learning Centre ini.

[Gambas:Instagram]


Nah, dari perceraian kedua orang tuanya, anak akan belajar bahwa kadang segala hal yang sudah dibangun bersama tidak akan berlanjut karena suatu alasan. Namun meskipun bunda dan ayahnya nggak lagi bersama, anak bisa belajar bahwa kedua orang tuanya berusaha keras untuk tetap memberikan perhatian sama besar seperti saat dulu belum bercerai.

Kalau menurut Bunda, gimana momen ketika Zack Lee mengantarkan si kecil Mikha, buah cintanya bersama Nafa Urbach, ke sekolah? Indah kan, Bun? (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi