psikologi

Terinspirasi Kerajaan Inggris, Nama-nama Ini Bisa Jadi Pilihan untuk Bayi

Amelia Sewaka 16 Mar 2018
Terinspirasi Kerajaan Inggris, Nama-nama Ini Bisa Jadi Pilihan untuk Bayi/ Foto: Dhani Irawan/detikcom Terinspirasi Kerajaan Inggris, Nama-nama Ini Bisa Jadi Pilihan untuk Bayi/ Foto: Dhani Irawan/detikcom
Jakarta - Jika membicarakan keluarga kerajaan Inggris, daya tariknya emang nggak pernah habis ya, Bun. Termasuk pilihan nama yang bisa didapat dari inspirasi kerajaan Inggris.

Dirangkum HaiBunda, ini dia 20 nama bayi terbaik kerajaan baik untuk laki-laki maupun perempuan. Yuk kita simak bersama, Bun.

1. Anthony

Anthony Eden mungkin sudah jadi perdana menteri yang dipermalukan. Tapi, nggak masalah kalau kita memilih Anthony sebagai nama anak laki-laki kita. Anthony, dari bahasa Latin Antonius adalah nama bayi terpopuler 25 di AS pada tahun 2015. Ini juga merupakan nama beberapa tokoh terkenal, termasuk aktor Anthony Hopkins, penyanyi Red Hot Chili Peppers Anthony Kiedis, dan seorang perdana menteri lainnya, Tony (Anthony) Blair.

2. Margaret

Putri Margaret adalah adik perempuan Ratu Elizabeth II, dan jadi tokoh favorit dari serial drama The Crown. Margaret berarti mutiara yang cocok untuk putri tercinta yang bertahan dari banyak kesengsaraan. Nama tersebut memang indah, tapi orang tua kadang lebih memilih sesuatu yang lebih pendek, dan salah satunya bisa mempertimbangkan nama-nama seperti Maggie, Madge, Midge, Meg, Margo, dan Margie.

3. Winston

Mantan perdana menteri Inggris Winston Churchill mungkin bukan anggota keluarga kerajaan, tapi dia bisa dibilang salah satu tokoh paling terkenal dalam sejarah Inggris. Nama Winston adalah nama anak laki-laki yang cukup populer ke 524, pada tahun 2015.

4. Wallis

Wallis Simpson adalah seorang sosialita Amerika yang menikah dengan Raja Edward VIII hingga menyebabkan ia turun takhta. Meskipun ada tautan yang kontroversial, Wallis adalah nama unik dan aneh untuk seorang gadis kecil dengan kepribadian unik.

5. Peter

Peter Townsend terkenal karena hubungan asmaranya dengan Putri Margaret. Nama yang memiliki arti batu ini berasal dari Alkitab dan telah menjadi andalan di AS setidaknya sejak tahun 1880-an.

6. Clemmie

Clemmie (kependekan dari Clementine) Churchill adalah istri Sir Winston Churchill yang sama terkenalnya. Nama Clemmie berarti ringan atau lembut namun sejarawan mengatakan Clemmie adalah nama yang benar-benar berani dan cerdas. Nah, Winston Churchill menyebut nama Clemmie sebagai 'senjata rahasia' yang membuat dia mampu menjalani kehidupan dan menyelesaikan pekerjaannya.

7. Philip

Philip adalah nama klasik yang berarti 'pecinta kuda'. Meskipun namanya kurang populer saat ini, namun peringkatnya di atas 1.000 nama bayi AS sejak tahun 1800-an. Ada sejumlah tokoh terkenal dengan nama ini termasuk aktor Philip Seymour Hoffman, komposer Philip Glass, dan anggota keluarga kerajaan di Spanyol, Prancis, dan Yunani.

8. Mary

Ratu Mary, nenek dari Ratu Elizabeth II, merupakan kekuatan yang harus diperhitungkan di The Crown. Nama Mary adalah bentuk nama Maria yang berarti 'lautan kepahitan'. Nama itu, tentu saja, telah digunakan selama berabad-abad, meski menjadi kurang populer dibanding variasi yang ada seperti Maryam, Maryanne, atau Maryjane.

9. Tommy

Tommy Lascelles adalah sekretaris pribadi Raja George VI dan Ratu Elizabeth II. Tommy tentu saja adalah versi pendek dan lucu dari nama Thomas yang sangat populer di tahun 1930-an. Nama tersebut masih menempati urutan teratas 1.000 nama bayi di AS, namun sekarang ada di nomor 724.

10. Elizabeth

Elizabeth berarti 'Tuhan adalah sumpah saya' dan mungkin salah satu nama paling terkenal di dunia. Nama ini populer di Selandia Baru, Kanada, Skotlandia, Wales, Irlandia, Cile, Paraguay, dan Amerika Serikat, dan beberapa negara lain.



Terinspirasi Kerajaan Inggris, Nama-nama Ini Bisa Jadi Pilihan untuk BayiTerinspirasi Kerajaan Inggris, Nama-nama Ini Bisa Jadi Pilihan untuk Bayi/ Foto: ilustrasi/thinkstock


11. Martin

Martin Charteris, seorang pendeta di era Ratu Elizabeth II dan merupakan salah satu nama klasik dan lucu yang bisa jadi sekarang jarang didengar. Dan memang benar, Bun, popularitas nama Martin turun dari posisi ke 79 di tahun 2010.

12. Dorothy

Dorothy berarti 'pemberian Tuhan'. Nama Dorothy telah mengalami perjalanan panjang di AS. Nama ini merupakan nama yang paling populer ke-10 di negara ini pada tahun 1910-an dan kemudian benar-benar jatuh pamornya dari 1.000 nama teratas bayi AS pada tahun 2010. Tapi sekarang, kemungkinan berkat tren nama bayi vintage, namanya kembali mencuat.

13. George

George seperti Raja George yang berarti 'pekerja tanah'. Layaknya seperti nama Elizabeth, nama George juga terkenal dan populer di seluruh dunia. Orang Amerika yang terkenal bernama George termasuk komedian George Carlin, aktor George Clooney, dan penyanyi country George Strait. Bahkan anak pertama Kate Middleton dan Pangeran William dinamai George kan?

14. Clarissa

Nama ini mungkin membuat orang tua milenial seperti memikirkan pertunjukan '90s show Clarissa Explains It All'. Namun dalam daftar, sebenarnya nama Clarissa berasal dari Clarissa Eden, istri mantan perdana menteri Anthony Eden. Nama itu berarti 'terang' atau 'adil' dan berada di peringkat 700 di atas 1.000 nama bayi AS.

15. Edward

Edward berarti 'kaya' atau 'beruntung'. Jadi tidak mengherankan jika nama tersebut digunakan sebagai nama delapan raja Inggris dan satu pangeran. Seperti judul kerajaan lainnya, nama Edward populer dan umum di seluruh negara dengan bahasa Inggris. Bahkan nama ini kembali cukup populer hingga pertengahan tahun 2000-an berkat film Twilight. Ya, pemeran utama Twilight bernama Edward.

16. Anne

Anne yang berarti 'penuh rahmat' adalah nama sejumlah tokoh Inggris, termasuk ibu dari Ratu Elizabeth II. Nama oni menjadi andalan di atas 1.000 nama bayi di AS. Bahkan, kalau nggak dijadikan sebagai nama depan, nama Anne pas dijadikan sebagai nama tengah.

17. Charles

Pangeran Charles, salah satu tokoh paling kontroversial dalam keluarga kerajaan modern dan hanyalah seorang anak kecil di serial The Crown. Namanya yang berarti 'orang bebas' telah digunakan oleh sepuluh raja Prancis dan juga oleh raja-raja Hungaria, Naples, Sardinia, dan Wuttemberg.

18. Cecile

Putri Cecile dari Yunani dan Denmark adalah kakak sulung Pangeran Philip. Cecile sebenarnya berasal dari kata Latin yang berarti 'buta' dan menduduki peringkat 1.000 nama bayi teratas sampai tahun 1960-an. Sejak saat itu, nama Cecile cukup stabil urutannya dan punya sedikit gaya hipster dari namanya di tahun 2018.

19. Henry

Henry yang berarti 'penguasa', adalah nama kerajaan yang sangat terkenal. Namun dalam kasus ini Pangeran Mahkota Henry Duke of Gloucester adalah putra ketiga Raja George V dan dia terkenal karena menjadi anak pertama seorang raja yang dididik dengan cara menempuh pendidikan formal.

20. Alice

Putri Alice adalah ibu Pangeran Philip. Namanya secara harfiah berarti 'bangsawan'. Nama Alice sangat populer sepanjang sejarah, meskipun terjadi penurunan popularitas di tahun 80-an dan 90-an. Untungnya, nama ini kembali mencuat dari nama permainan klasik yang membuat nama ini kembali populer.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi