psikologi

Ini Tentang Pilihan Nama Pangeran Louis yang Tak Terprediksi

Radian Nyi Sukmasari 14 Mei 2018
Ini Tentang Pilihan Nama Pangeran Louis yang Tak Terprediksi  (Foto: Instagram @kensingtonroyal) Ini Tentang Pilihan Nama Pangeran Louis yang Tak Terprediksi (Foto: Instagram @kensingtonroyal)
London - Setelah Kate Middleton melahirkan anak ketiganya, publik dibikin penasaran nih dengan nama si kecil. Ternyata, Pangeran William dan Kate memilih Louis sebagai nama untuk anak ketiganya. Bunda pernah memprediksi kalau nama anak ketiga Pangeran William dan Kate adalah Louis?

"Nggak pernah kepikiran sih bakal dikasih nama Louis. Ngiranya Arthur," kata Eci, sahabat HaiBunda.

Sementara itu, sahabat HaiBunda lainnya ada yang mengira Pangeran William dan Kate Middleton bakal memilih nama Charles, Michael, James, bahkan Antonio. Tapi disepakati kalau Louis nggak terpikir bakal jadi nama adik Pangeran George dan Putri Charlotte itu.

Analis sosial Mark McCrindle bilang keluarga kerajaan Inggris bisa dibilang sebagai selebriti di kehidupan modern dan nama yang mereka pilih bisa memengaruhi keputusan masyarakat dalam memberi nama sang anak. Terlebih, selama ini nama bangsawan Inggris mayoritas bisa dipakai juga oleh masyarakat umum.

"Jadi keluarga kerajaan sendiri nggak takut menggunakan kembali nama yang udah dipakai untuk anak yang sebelumnya. Tapi, di masyarakat modern kadang kala memilih nama yang udah dipakai untuk anak sebelumnya sering dianggap tabu. Maka dari itu nama Louis umumnya nggak terprediksi bakal dipilih sebagai nama anak ketiga Kate dan William," kata Mark kepada Essential Baby.



Seperti kita tahu, Bun. Louis adalah bagian nama Pangeran George yaitu George Alexander Louis. Disebutkan, keluarga kerajaan Inggris memang selalu memakai nama yang disematkan pada anggota kerajaan sebelumnya. Lalu, udah 123 tahun, Bun, nama anak anggota keluarga kerajaan Inggris dipakai untuk nama bayi setelahnya.

Raja George VI misalnya, dia memiliki nama Albert Frederick Arthur George dan saudaranya bernama Edward Albert. Kata Mark, keluarga kerajaan Inggris selalu memakai nama dari paman dan anggota keluarga yang lain untuk anak-anaknya dan ini adalah hal yang baik menurut Mark.

"Itu bisa berdampak baik di mana kita nggak perlu segan memakai nama yang sebelumnya sudah dipakai untuk nama anak di keluarga kita," ujar Mark. Ya, walaupun kita tahu keputusan memberi nama seorang anak kembali lagi pada pertimbangan si orang tua.

Namun, seperti dikatakan psikolog anak dan keluarga dari Tiga Generasi Anna Surti Ariani yang akrab disapa Nina, baiknya jangan memberi nama anak sekadar karena nama itu bagus atau kayak nama idola kita. Coba pikirkan lebih lanjut alasan yang lebih filosofis dalam memberi nama. Sehingga, nama itu benar-benar nama yang keluar dari hati sehingga nama nggak sekadar keluar gitu aja.

Kemudian, pikirkan lagi bagaimana ketika nama itu dituliskan dan diucapkan. Yang jadi sulit juga ketika nanti anak tidak hidup di masyarakat kita. Jika memungkinkan pilih nama yang akan cukup mudah diucapkan dari segala bangsa tapi kalaupun mau cari nama yang khas Indonesia misalnya, nggak masalah," kata Nina.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi