psikologi

Kisah Ibu Hitamkan Wajahnya Demi Membuat si Kecil Percaya Diri

Radian Nyi Sukmasari 23 Mei 2018
Kisah Ibu Hitamkan Wajahnya Demi Membuat si Kecil Percaya Diri / Foto: thinkstock Kisah Ibu Hitamkan Wajahnya Demi Membuat si Kecil Percaya Diri / Foto: thinkstock
Caceres, Brasil - Seorang ibu akan melakukan apapun demi sang anak. Begitu juga seorang ibu asal Brasil bernama Carolina Giraldeli ini, Bun. Carolina rela wajahnya di make up hitam demi menambah peraya diri anak laki-lakinya, Enzo Cestari.

Ya, bocah berumur 1 tahun ini lahir dengan tanda lahir besar berwarna hitam yang hampir menutupi separuh wajahnya. Sebagai ibu, Carolina bercerita kadang dirinya sedih ketika orang-orang melihat aneh pada Enzo karena tanda lahirnya itu. Meskipun, Carolina dan suaminya selalu memastikan ke si kecil Enzo bahwa semuanya baik-baik aja.

"Ketika orang merasa jijik atau ngeri kami berusaha menjelaskan ke Enzo bahwa dia adalah anak laki-laki normal seperti anak lainnya dan sangat kami cintai," ujar Carolina dikutip dari Daily Mail.

Nah, untuk membuat sang anak tetap percaya diri dengan tanda lahirnya, Carolina punya ide meminta temannya yang seorang makeup artist untuk mendandaninya sehingga di wajah Carolina kelihatan ada bercak hitam. Alhasil, penampilan Carolina mirip seperti Enzo deh.



Ya, walaupun bercak hitam lebar di wajah Carolina cuma makeup tapi dia berharap ini bisa membuat Enzo percaya diri. Carolina berpenampilan seperti itu satu hari dan bahkan dia memakai makeup itu saat ke kantor, Bun.

Kisah Ibu Hitamkan Wajahnya Demi Membuat si Kecil Percaya Diri Kisah Ibu Hitamkan Wajahnya Demi Membuat si Kecil Percaya Diri/ Foto: SWNS via Independent


"Saat makeup-nya sudah jadi, saya merasa jadi ibu yang paling bangga di dunia. Ketika saya sampai rumah, reaksi Enzo menyenangkan banget, dia bahagia sekali walaupun Enzo belum mengerti sepenuhnya mengapa saya berdandan seperti ini. Saat di kantor beberapa orang heran dengan penampilan saya tapi saya santai saja karena saya merasa jadi ibu yang paling bangga di dunia," papar Carolina.

Dilansir Independent, Enzo lahir di bulan Mei 2017 melalui operasi caesar setelah dia diketahui terlilit tali pusar. Saat pertama melihat Enzo, Carolina mengira bercak hitam di wajah Enzo kotoran. Tapi saat tahu itu tanda lahir, Carolina merasa tidak masalah dan senang karena putranya lahir dalam keadaan sehat.

Namun, sejak saat itu Carolina sudah menyiapkan diri menghadapi komentar yang bisa muncul dari orang lain. Nah, setelah memposting fotonya di media sosial, Carolina dapat banyak dukungan, Bun. "Pasti banyak ibu di luar sana yang mengalami hal serupa dengan saya merasa bahagia dan termotivasi," tutur Carolina.

Bicara soal tanda lahir, dr Radityo Anugrah SpKK dari Bamed Skin Care bilang munculnya tanda lahir tidak dipengaruhi proses kehamilan si ibu. Misalnya, saat hamil ibu mengalami komplikasi tertentu lantas anaknya mempunyai tanda lahir tertentu. Terus, apa bedanya tanda lahir dari kelompok pembuluh darah dan warna atau pigmen?

dr Radit menjelaskan, jika di satu daerah terdapat banyak pembuluh darah maka akan menjadi merah, sehingga tanda lahir bisa muncul berwarna merah karena isinya merupakan kumpulan pembuluh darah. Sementara jika tohnya berwarna seperti tahi lalat tapi luas areanya, isinya merupakan pigmen.

"Di kulit itu ada melanosit yang menghasilkan melanin. Nah area tertentu itu melanositnya kaya dan banyak diproduksi. Makanya ada tanda lahir yang warnanya yang hitam, atau agak kebiruan misalnya, itu tergantung dari melanositnya menghasilkan warna apa," kata dr Radit.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi