psikologi

Nama Bayi Ini Kemungkinan Populer Lagi karena Piala Dunia

Niken Widya Yunita 12 Jul 2018
Nama Bayi Ini Kemungkinan Populer Lagi karena Piala Dunia/ Foto: dok.HaiBunda Nama Bayi Ini Kemungkinan Populer Lagi karena Piala Dunia/ Foto: dok.HaiBunda
Jakarta - Semua ada zamannya, termasuk nama bayi. Dulu mungkin banyak yang menamai bayinya Hari, Anton, tapi beberapa nama itu kini jarang digunakan sebagai nama bayi.

Nah, Bun, bertepatan dengan momen Piala Dunia 2018 ini, beberapa orang tua terpikir untuk menggunakan nama bayi yang dulu pernah populer pada zamannya. Maklum, nama tersebut banyak dipakai para pemain sepakbola yang kini berlaga di Piala Duunia 2018.

Dilansir Ancestry, ketika Inggris terakhir memenangkan Piala Dunia pada 1966, ada tambahan 8.500 nama Roberts yang dipakai bayi baru lahir. Hal ini kemungkinan mengambil inspirasi dari legenda sepakbola Sir Bobby Charlton.

Dilansir The Sun, nama pesepakbola, istri, atau pacar pesepakbola diperkirakan akan meningkat popularitasnya. Gareth, merujuk pada nama pelatih Inggris Gareth Southgate, menduduki peringkat 117 pada posisi popularitas pada tahun 1996. Di tahun yang sama Inggris melaju ke semifinal Piala Euro. Nama itu turun ke peringkat 1.903 pada tahun 2016.



Tapi sekarang, berkat keberhasilan Gareth Southgate sebagai manajer Inggris, membawa Inggris lolos ke semifinal melawan Kroasia, nama Gareth sepertinya akan kembali dipakai orang tua untuk nama bayi. Hampir dua pertiga orang tua, sebanyak 65 persen, melihat nama itu akan melonjak pemakaiannya setelah Piala Dunia.

Apalagi Gareth memiliki arti lembut, dan namanya dipopulerkan oleh seorang satria legendaris yang pemberani dan sederhana di Istana Raja Arthur. Selain Gareth Southgate, pemain sepakbola terkenal yang menggunakan nama depan Gareth adalah Gareth Bale dan Gareth Barry.

Gareth Southgate/Gareth Southgate/ Foto: Getty Images


Sementara itu, Bun, satu dari 14 nama anak-anak saat ini diilhami oleh pemain sepak bola. Menurut penelitian oleh Channel Mum, 84 persen dari 1.198 orang tua yang disurvei memperkirakan angka ini semakin meningkat.

Lebih dari 10 persen dari calon orang tua sedang mempertimbangkan nama pesepakbola yang tergabung di Timnas Inggris. Nama Harry juga diperkirakan akan kembali banyak dipakai, menyusul bersinarnya striker Harry Kane.

Harry artinya rumah perlindungan. Sedangkan Kane artinya pejuang. Hmm, keren ya artinya.

Harry Kane/Harry Kane/ Foto: Max Rossi/Reuters


Sementara 46 persen orang tua berpikir nama kiper Jordan Pickford akan melambung, setelah turun dari nomor 11 pada tahun 2016 menjadi 219.

Nama lain yang diperkirakan akan semakin menurun penggunaannya sebagai nama bayi adalah Wayne yang merujuk pada Wayne Rooney. David yang merujuk pada David Beckham juga ditengarai makin turun. Demikian pula nama Steven maupun Gerrard.



Wayne artinya tukang atau pengemudi mobil. Ini merupakan nama asli Inggris. Sedangkan David dalam bahasa Ibrani artinya kekasih atau teman.

Sementara itu nama Steven berasal dari bahasa Latin, Stephanus, yang berasal. Dalam bahasa Yunani ditulis Stephanos yang artinya mahkota. Satu lagi, Gerrard adalah nama asli Inggris yang artinya tombak keras atau tebal.

Bukan hanya pemain yang memiliki pengaruh, istri dan pacar pesepakbola juga bisa jadi inspirasi untuk jadi nama bayi. Tunangan Pickford, Megan Davison, namanya disukai 54 persen orang tua yang disurvei lho.

Megan sendiri berasal dari bahasa Anglo-Saxon yang berarti kuat dan mampu. Selain itu ada pendapat yang mengatakan Megan merupakan kependekan dari Margaret yang artinya merujuk pada mutiara.

[Gambas:Video 20detik]

(nwy/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi