psikologi

Bun, Tak Perlu Cemburu Bila Anak Nempel Terus dengan Ayahnya Ya

Niken Widya Yunita 14 Sep 2018
Bun, Tak Perlu Cemburu Bila Anak Nempel Terus dengan Ayahnya Ya (Foto: instagram) Bun, Tak Perlu Cemburu Bila Anak Nempel Terus dengan Ayahnya Ya (Foto: instagram)
Jakarta - Pernah nggak Bunda merasa cemburu karena anak dekat banget dengan ayahnya? Seperti yang dialami penyanyi Audy Item nih, Bun.

Audy Item cemburu tatkala anak perempuannya Atreya Syahla Putri Uwais dekat banget dengan sang ayah, Iko Uwais. Kata Audy, dalam keseharian saat Iko Uwais pulang Atreya nempel terus dengan ayahnya.

Audy mengungkapkan itu di Instagram storiesnya. Audy bilang, dia 'dilupakan' oleh anaknya. Bunda juga ada yang merasakan hal serupa dengan Bunda Audy? Nggak perlu cemburu ya, Bun, ketika si kecil dekat dengan ayahnya.



Menurut psikolog Anak, Remaja, dan Keluarga, Jovita Maria Ferliana, bunda yang memiliki anak yang lebih nempel dengan ayahnya tidak usah iri atau cemburu. Meskpin diharapkan anak juga bisa dekat dengan bundanya.

"Hal ini agar antara bunda dan ayah punya porsi seimbang untuk dekat dengan anak," ujar Jovita kepada HaiBunda.

Jovita bilang, Bunda bisa menimba ilmu dari ayah untuk meningkatkan kualitas kedekatan hubungan dengan anak. Misalnya melakukan aktivitas yang disenangi anak.



Contohnya, bila anak suka berenang, sebagai ibu kita juga harus mau nyebur ke kolam renang untuk main air bareng anak. Atau, bila anak suka main bola dan kotor-kotoran dengan alam, bunda juga bisa ikut rmain bola dan kotor-kotoran di alam dengan anak.

"Memang perlu latihan agar menjadi terbiasa dan lama-lama akan terasa asyiknya," tutur Jovita yang berpraktik di RS Royal Taruma, Jakarta Barat, ini.

Jovita menambahkan, orang tua yang terbaik tidak berarti selalu jadi sosok favorit di mata anak. Berusaha menjadi sosok favorit anak justru dapat berdampak negatif pada hubungan dengan pasangan dan anak karena tanpa disadari akan terjadi persaingan. Karenanya, yang penting adalah bekerja sama dengan pasangan dan jadilah orang tua terbaik. Semangat, Bun!


(nwy/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait
Rekomendasi