psikologi

Tips Mengasuh Anak dari Ibunda Kate Middleton

Melly Febrida Rabu, 05 Des 2018 - 20.06 WIB
Ibunda Kate Middleton, Carole Middleton/ Foto: Getty Images Ibunda Kate Middleton, Carole Middleton/ Foto: Getty Images
London, Inggris - Bicara pola asuh kayaknya nggak ada habsinya ya, Bun. Nah, kali ini, Carole Middleton yang merupakan ibu dari Kate Middleton, Pippa Middleton, dan James Middleton berbagi tips pengasuhan nih Bun.

"Saya pikir salah satu kualitas terpenting dari orang tua yang baik adalah disiplin. Itu tidak berarti kita ketat, tetapi bersikap konsisten," kata Carole kepada Telegraph seperti dikutip dari Mirror.

Untuk menerapkan disiplin tersebut, lanjut wanita berusia 63 tahun itu, tentunya nggak bisa tiba-tiba, Bun. Anak-anak perlu dibiasakan sejak dini. Menurut Carole, orang tua perlu cara terstruktur dalam mengajari dan menerapkan nilai-nalai bagi anak. Contohnya nilai kesopanan dan disiplin yang sudah ditanamkan pada anak-anak Carole.

"Saya sendiri bisa dibilang membangun bisnis pernak-pernik pesta, party pieces, dengan andil Kate dan Pippa. Memiliki bisnis juga membuat saya harus pintar-pintar membagi waktu untuk keluarga dan pekerjaan," tambah Carole.

Sejak muda, Kate Middleton dan Pippa bisa dibilang bekerja untuk party pieces. Kate dan Pippa juga punya peran masing-masing dalam menjalankan bisnisnya, Bun.



"Kate sering jadi model di majalah kemudian mendesain pernak-pernik untuk bisnis kami. Sementara itu, Pippa membuat blog untuk produk kami. Sebagai orang tua, saya menghargai apa yang dilakukan anak saya," tutur Carole Middelton kepada USA Today.

Carole MiddletonCarole Middleton/ Foto: Dok. Getty Images
Bicara tentang disiplin, ini penting banget memang, Bun, diterapkan sejak dini pada anak. Ini demi pengembangan karakter anak kelak, seperti disampaikan edukator dan pakar perkembangan karakter Dr Michael Borba.

Kata Michael, karakter beda dengan temperamen dan kepribadian seperti pendiam, sensitif, pemalu, dan santai. Temperamen dan kepribadian individu cenderung dipengaruhi genetik. Sedangkan, karakter didefinisikan sebagai kebaikan yang dibiasakan atau dibentuk seperti jujur, tekun, welas asih, bertanggung jawab dan penuh rasa hormat.

"Sifat-sifat itu dapat dipupuk dan diperkuat. Disiplin bisa kita gunakan dalam membentuk karakter anak sebagai nilai moral. Disiplin yang efektif harus bisa memastikan anak nggak cuma menyadari kenapa perilakunya salah tapi juga anak tahu apa yang harus mereka lakukan untuk membuat ini benar di kemudian hari," tutur Michael dalam situsnya.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi