psikologi

Hubungan Menggemaskan Selebgram Cilik Moonella dengan Sang Adik

Annisa Karnesyia Jumat, 08 Mar 2019 - 17.02 WIB
Hubungan Menggemaskan Selebgram Cilik Moonella dengan Sang Adik/ Foto: Instagram/ @babymoonella Hubungan Menggemaskan Selebgram Cilik Moonella dengan Sang Adik/ Foto: Instagram/ @babymoonella
Jakarta - Hubungan kakak dan adik itu memang paling kompleks ya, Bun. Meskipun sering dibumbui dengan pertengkaran kecil tapi aslinya romantis alias saling menyayangi. Begitu juga yang dirasakan oleh selebgram cilik Moonella Sunshine Jodan dan sang adik Marsson.

Kakak-adik menggemaskan ini ternyata sering berantem untuk merebut perhatian sang ibu lho. Hmm, gimana ceritanya sih?

"Kalau aku lagi gendong adiknya, pasti Moonella minta digendong juga. Jadi seperti berebut perhatian gitu sama ibunya," kata Merry, ibunda Moonella ditemui dalam acara 'Early Learning Centre: The Power of Play in Alpha Generation' di SIKU Darmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Meski begitu, Merry mengaku senang karena merasa menjadi seseorang yang penting dan dibutuhkan bagi kedua buah hatinya. Namun, sebisa mungkin Merrry tidak pilih kasih pada salah satu anak dan berusaha mengimbangi rasa sayang dan cinta yang diberikan.

 baby moonella/ Foto: Instagram/ @babymoonella Baby Moonella/ Foto: Instagram/ @babymoonella

Merry juga menceritakan ulah Moonella dan Marsson yang suka berantem kalau berebut mainan. Bila hal ini terjadi, Merry tidak henti-hentinya memberi pengertian pada Moonela tentang pentingnya berbagi sesuatu, termasuk mainan.

"Kalau Marsson kan belum mengerti ya. Paling aku kasih pengertian terus-menerus ke Moonella kalau sharing itu penting, main harus gantian dengan adik," kata Merry.

Bagi Merry, memberi pengertian dan edukasi ke Moonella harus pelan-pelan dan berulang karena dia masih terlalu kecil dan sering lupa. Tapi sebagai ibu, Merry menganggap berantem seperti berebut mainan wajar dalam hubungan kakak dan adik.

Moonella yang baru menginjak usia 4 tahun pada awal Februari lalu tidak selalu berantem dengan sang adik juga kok. Ya, si kecil Moonella ternyata sayang banget pada sang adik dan paling suka menentukan pakaian adiknya agar serasi dengan pakaiannya. So sweet!


Berbicara tentang hubungan persaudaraan, menurut Nina Howe, Ph.D, psikolog di Universitas Concordia, Canada, hubungan persaudaraan merupakan komponen integral dalam sebuah keluarga dan komponen penting untuk pembelajaran dan perkembangan anak. Terutama terkait hubungan sosial, emosional, moral, dan kognitif anak.

"Hubungan saudara adalah sebuah tempat alami bagi anak-anak untuk belajar tentang berinteraksi dengan orang lain, menjalin persahabatan, mengelola perselisihan, dan mengatur emosi positif dan negatif untuk diterima dalam lingkup sosial," ujar Howe, dikutip dari Child Encyclopedia.

Setuju enggak, Bun, kadang kakak dan adik tidak akur dan sering bertengkar? Padahal, menurut Howe saudara memainkan peran yang sangat positif dalam kehidupan masing-masing.

Dilansir Advo Kids, sejak dilahirkan, saudara adalah kolaborator dan rekan dalam berkonspirasi. Saudara juga teladan, kisah hidup, teman bermain, penasihat, sumber kecemburuan, dan objek kebanggaan. Bahkan, saudara kandung mungkin jadi satu-satunya orang yang bisa memenuhi syarat sebagai mitra dan rekan terbaik dalam hidup.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi