sign up SIGN UP search


trending

Filmnya Ramai Diboikot, Liu Yifei Pemeran Mulan Akhirnya Buka Suara

Asri Ediyati Minggu, 01 Mar 2020 15:47 WIB
Beberapa waktu lalu tepatnya bulan Agustus 2019, film Mulan ramai diboikot. Hal ini dikarenakan pemeran utama Liu Yifei keluarkan pernyataan yang tuai protes. caption
Jakarta - Pada bulan Agustus 2019, Liu Yifei, pemeran utama film Mulan menimbulkan kontroversi besar ketika dia mengunggah ulang komentar pro polisi Hong Kong di platform China, Weibo. Unggahan tersebut menuai kritik karena saat itu Hong Kong sedang dilanda protes oleh demonstran.

Tindakan Liu Yifei dilihat oleh kritikus terhadap pemerintah Tiongkok sebagai pendukung kebrutalan polisi. Tak lama, tagar #BoycottMulan mulai menjadi tren di Twitter. Liu Yifei, yang memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat sejak ia tinggal di A.S., dikritik di seluruh dunia karena mendukung penindasan.


"Saya pikir ini jelas situasi yang sangat rumit dan saya bukan ahli," katanya sekarang, dilansir Hollywood Reporter.


Kini, Liu Yifei sangat berhati-hati dalam bertindak dan berkata. "Aku hanya berharap ini segera teratasi," tuturnya.

Ketika ditekan, Liu Yifei menolak untuk mengatakan lebih banyak, hanya mengulangi, "Saya pikir itu hanya situasi yang sangat sensitif."
Liu YifeiLiu Yifei/ Foto: instagram
"Kebanyakan selebritas China memilih untuk tidak memposting pernyataan politik semacam itu karena risiko terhadap karier mereka secara internasional," kata Dorothy Lau, seorang profesor di Akademi Film, Hong Kong Baptist University.

Akan tetapi meskipun Liu Yifei menuai kritik secara global, beberapa ahli percaya bahwa drama politik sebenarnya dapat menghasilkan lebih banyak dukungan untuk film di Tiongkok. "Pada saat itu, pemerintah mengeluarkan berbagai publikasi yang mendukung film ini dengan sangat kuat," kata profesor USC Stanley Rosen, yang berspesialisasi dalam politik dan masyarakat Tiongkok.

"Ada dorongan nyata dari pihak pemerintah Tiongkok untuk melakukan pekerjaan ini. Saya yakin pemerintah akan berusaha untuk menunjukkan bahwa boikot tidak berpengaruh. Sebagian besar orang di luar Hong Kong cenderung melupakan kontroversi ini. Tetapi pemerintah Cina tidak melupakan hal-hal ini," sambung Rosen.

Sementara itu, Liu Yifei sendiri dianggap aktris yang amat profesional menurut sutradara film Mulan, Niki Caro. Ia menjelaskan mengapa proses audisi yang sulit untuk Liu Yifei.

Ia pun mengatakan, "Karena saya membutuhkan seorang pejuang, dan saya membutuhkan partner. Jadi dia melakukan audisi yang melelahkan ini dan kemudian kami mengirimnya langsung ke pelatih fisik untuk melakukan penilaian fisik yang sama melelahkannya."

"Angkat beban, push-up, pull-up, semuanya. Dia cerdas di bagian dramatis audisi, dan di bagian fisik dia tidak pernah berhenti, tidak pernah menyalahkan. Saya tahu pada akhir hari itu bahwa saya menemukan pejuang saya," kata Niki Caro dikutip dari Cinema Blend.


Simak juga video tentang pentingnya Bunda temani anak nonton film:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi