Sign Up search


trending

Pernah Ditipu & Kehilangan Pekerjaan, Luna Maya Beri Tips Sukses Berbisnis

Annisa Karnesyia Selasa, 24 Mar 2020 16:40 WIB
Pernah Ditipu & Kehilangan Pekerjaan, Luna Maya Beri Tips Sukses Berbisnis caption
Jakarta - Luna Maya kini menjadi salah satu artis sukses di Tanah Air. Namun, siapa sangka wanita 36 tahun ini pernah mengalami berbagai kegagalan.

Luna mengaku bukan cuma harus menelan pil pahit dalam kehidupan asmara, tapi juga di di dunia bisnis. Luna bahkan pernah ditipu, Bun.


"Kalau ditanya pernah jatuh, pernah. Pernah salah memilih partner, pernah. Pernah ditipu, pernah. Semuanya juga pernah," kata Luna dalam YouTube channel miliknya yang dilihat HaiBunda, Jumat (13/3/2020).


"Tapi karena 'dipernahin' semua, jadinya belajar," sambungnya.

Menurut Luna, untuk memulai bisnis, kita harus berani terjun langsung, Bun. Kita harus mengetahui secara rinci bisnis yang dijalani.

"Kalau ingin memulai suatu usaha, harus terjun langsung. Kalau cuma punya duit doang, kita nanti gampang dibodohi. Tapi kalau kamu pingin pintar, pingin tahu segala rincian segala bentuk usaha yang kamu geluti, ya harus make sure," ujar Luna.

Luna mengaku bukan orang baru di dunia bisnis. Ia memiliki beberapa bisnis, seperti clothing line dan brand lipstik.

Luna MayaLuna Maya/ Foto: Ismail/detikHOT

Untuk usaha lipstik miliknya, Luna ikut langsung dalam semua proses pembuatan. Ia bahkan membandingkan harga dari beberapa pabrik dan melihat kinerjanya.

"Saya ke pabrik, ikut meeting sampai pemilihan warna, semuanya itu harus ada di sana. Tapi kan kalau sudah berjalan, sudah ngerti prosesnya, yaudah nanti tektokan aja. Tapi untuk pertama, ya harus berada di pabrik, datengin. Kalau bisa enggak cuma satu pabrik, minimal dua lah, tahu perbandingan harga, kinerjanya," ungkap Luna.

Bintang film Sabrina ini bahkan menghitung keuntungan dari satu lipstik. Tujuannya untuk mengetahui balik modal dari keuntungan tersebut.

"Tapi harus detail, tahu modalnya berapa. Jadi saat mau dijual, sudah tau keuntungannya berapa. Keuntungan pertama itu untuk modalnya yang harus dibalikin, dan untuk gaji orang yang kerja sama kita," tuturnya.

Menurut Luna, banyak cara bisa dilakukan untuk mulai berbisnis. Salah satunya dengan menjual secara online, Bun.

Selain mudah, bisnis online bisa dimulai dari orang terdekat kita. Lama-kelamaan bisnis yang dijalankan akan berkembang.

"Banyak cara, jadi jangan takut," kata Luna.

Untuk memulai bisnis, kita memang enggak boleh takut gagal, Bun. Hal ini juga dibenarkan CEO dan founder Patriot Software, LLC, Mike Kappel.


Kappel mengatakan, jangan pernah takut gagal sebelum mulai berbisnis. Dari uang dan waktu, kita bisa membuat banyak hal dari bisnis.

"Banyak orang bermimpi menjadi pengusaha, tapi mereka tidak pernah melakukannya. Mereka dibebani dengan banyak alasan dan takut gagal. Padahal, khawatir dengan risiko bisnis adalah normal," kata Kappel, dilansir Forbes.

Jika kita benar-benar ingin memulai bisnis, carilah solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Jangan jadikan masalah itu sebagai penghambat ya.

Bunda, simak juga cara membuat tas dari baju bekas, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi