sign up SIGN UP search


trending

Pilu, Jet Li Pernah Dirumorkan Mati hingga Idap Hipertiroid

Annisa Afani Sabtu, 21 Mar 2020 20:14 WIB
Selama beberapa tahun tidak terlihat oleh publik, ternyata Jet Li tengah berjuang melawan penyakit hipertiroidnya. Yuk simak kisahnya sebagai berikut Bun! caption
Jakarta - Siapa enggak kenal Jet Li? Dia adalah seorang juara martial arts dan aktor Tiongkok yang telah mendunia. Bintang Once Upon a Time in China itu beberapa tahun lalu sempat vakum dari industri perfilman karena sakit.

Jet Li yang filmnya laris manis itu merupakan anak bungsu dari lima bersaudara yang lahir di Beijing, China pada 26 April 1963. Saat usianya baru 2 tahun, dia kehilangan ayahnya dan pada usia 8 tahun belajar wushu. Karena melihat bakatnya, Jet Li kecil dikirim keluarganya ke sekolah khusus.


"Saya berasal dari keluarga yang sangat miskin dan kami tidak punya cukup uang untuk sekolah bagus, jadi sekolah olahraga itu bagus karena memberikan saya makanan yang baik dan peluang keluar dari China," kata Li kepada Muscle & Fitness, dikutip dari biography.com.


Dia kali pertama memenangkan juara nasional wushu pada usia 11 tahun. Jet Li pun melakukan perjalanan dengan tim wushu Beijing ke 45 negara termasuk ke Amerika Serikat pada 1974. Pada saat itu, dia menunjukkan aksinya di depan Presiden Richard M Nixon.

Jet Li pun dikenal sebagai seniman bela diri wushu yang sangat berprestasi. Dia memegang gelar juara nasional wushu selama lima tahun berturut-turut. Namun Jet Li pensiun pada usia 17 tahun karena mulai debut film pertamanya Shaolin Temple. Film ini berhasil membuat Jet Li menjadi bintang di Tiongkok.

Berhasil di film tersebut, dia dilirik bermain film bersama Mel Gibson dalam Weapon 4. Kemudian film internasional lainnya menyusul. Bahkan filmnya Kiss of the Dragon yang dibintangi bersama Bridget Fonda mendapat pujian dari kritikus di Amerika Serikat (AS).

Setahun setelahnya, dia membintangi Hero dan mendapat nominasi Oscar sebagai Film Asing Terbaik. Pada 2003, dia bermain dalam Cradle 2 the Grave dan mendapat respons yang baik. Namun pada 2004, dia mengalami kejadian tak menyenangkan ketika sedang berlibur bersama keluarganya ke Maladewa.

Saat itu resor tempatnya menginap diterjang tsunami hebat. Dia sempat dilaporkan meninggal dunia. Namun, Jet Li yang berusaha menyelamatkan keluarga dari musibah itu hanya menderita cedera ringan di kakinya.

Usai musibah tersebut, dia kembali ke layar lebar. Beberapa filmnya berhasil jadi box office. Bahkan dalam The Forbidden Kingdom, Jet Li bekerja sama dengan Jackie Chan.

Mengidap hipertiroid

Di tengah popularitasnya yang tinggi, Jet Li didiagnosis mengidap hipertiroid sejak 2010. Hal tersebut baru diungkap setelah beberapa tahun tidak muncul ke hadapan publik.

Sebelumnya, sempat viral di media sosial yang menampilkan potret Jet Li yang tampak memprihatinkan. Dalam unggahan foto tersebut, dia tengah mengunjungi sebuah kuil di Tibet. Dari tampilannya, Jet Li tampak dibantu untuk berjalan dan terlihat lemah dengan kepalanya yang tampak botak.
(Sabtu) Kisah Pilu Jet Li yang Sempat Vakum karena Idap HipertiroidJet Li/Foto: Instagram @jetli

Dikutip dari The Sun, saat mengetahui rumor tentang kesehatannya yang menjadi perbincangan publik, Jet Li melalui akunnya di Facebook menulis, "Saya ingin mengucapkan terima kasih pada fans yang mengkhawatirkan kesehatan saya. Saya senang berbagi beberapa proyek yang saya kerjakan dalam waktu dekat. Untuk saat ini, terima kasih atas perhatiannya."

Hipertiroid bisa menyebabkan perubahan metabolisme dan detak jantung. Namun Li punya keyakinan kuat pada Buddha serta melakukan meditasi dan membaca kitab suci untuk membantu menstabilkan kondisinya.

Di tengah perjuangan menghadapi hipertiroidnya, Jet Li juga mendapat peringatan dari dokter mengenai kesehatan tulang kaki dan punggungnya. Tuntutan peran dalam film aksi yang dilakoninya selama bertahun-tahun ternyata meninggalkan cedera yang tidak enteng. Akibatnya, ia tidak dapat berdiri terlalu lama.

Saat remaja dahulu, Jet Li pernah mengalami cedera robek lutut pada usia 18 tahun, lalu menjalani operasi selama 7 setengah jam lamanya. Tidak hanya itu, pada usia 23 tahun pun dia kembali mengalami cedera serius, namun kali ini terjadi pada punggungnya. Kendati demikian, dia selalu meyakinkan penggemarnya untuk tidak mencemaskannya.

"Kesehatan saya tidak perlu dikhawatirkan," ungkap aktor yang pindah kewarganegaraan menjadi Singapura itu, dalam jamuan makan malam amal di China.


Penyakit hipertiroid dan masalah tulang yang diidap Jet Li tampaknya semakin membaik, dengan bergabungnya dia dalam proyek film Mulan yang sedianya rilis pada 27 Maret 2020 mendatang, namun ditunda secara global karena wabah virus corona. Namun kehadirannya bersama anak dari istri keduanya Nina Li Chi dalam gala premier film tersebut di New York, beberapa waktu lalu membuat para penggemarnya yang khawatir tentang kondisinya, kini merasa tenang.

Bunda bisa simak Astrid yang menjajal dunia akting dari sebelumnya dikenal sebagai penyanyi di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi