sign up SIGN UP search


trending

Saingi Zoom, WhatsApp Bikin Fitur Panggilan Video hingga 50 Orang

Yuni Ayu Amida Jumat, 15 May 2020 06:00 WIB
WhatsApp Bocor, Puluhan Ribu Grup Bisa Diakses Secara Bebas caption
Jakarta -

Aplikasi WhatApp akan memperbarui fitur panggilan videonya, Bun. Dalam fitur tersebut, nantinya pengguna bisa melakukan video call dengan 50 orang sekaligus.

Melansir The Sun, sebelumnya WhatsApp hanya memungkinkan untuk melakukan panggilan video grup dengan empat orang. Kemudian melakukan pembaruan dengan memperluas video call menjadi delapan orang sekaligus.


Namun, kapasitas tersebut nampaknya belum membuat aplikasi milik Facebook ini puas. Kini, mereka menambahkan kapasitas peserta video call hingga batas maksimal mencapai 50 orang.

Facebook kini sedang menguji cara memperluas fitur ini lebih lanjut. Penggemar WhatsApp di WABetaInfo telah menemukan fitur dalam versi beta aplikasi.

Fitur yang ditawarkan Facebook ini jelas akan menyaingi Zoom, Skype Microsoft, FaceTime Apple, dan Google Meet, yang saat ini tengah populer di masyarakat yang sedang menjalani physical distancing akibat wabah Corona.

Lebih lanjut, panggilan hingga 50 orang ini bisa digunakan untuk WhatsApp Web atau lewat desktop komputer. Caranya dengan menggabungkan WhatsApp dengan Messenger Rooms, yang membuat pengguna WhatsApp bisa video call dengan 50 peserta dalam satu panggilan.

WhatsAppWhatsApp/ Foto: WhatsApp



Kolaborasi Messenger Rooms dengan WhatsApp sudah terlihat dalam WhatsApp beta versi 2.2019.6 untuk iOS. Dan WhatsApp versi 2.20.139 versi Android.

Jadi nantinya dalam menu WhatsApp, akan ada shortcuts ke Messenger Rooms. Pengguna WhatsApp tinggal klik ikon gambar video tersebut untuk mulai menggunakan Messenger Rooms dan bisa video call dengan 50 peserta sekaligus, demikian dilansir CNBC.

Pada pekan lalu, Facebook mengumumkan rencana memperluas batas panggilan video WhatsApp. Seperti sebelumnya, panggilan ini dijamin dengan end-to-end encryption (E2EE), yakni sistem komunikasi di mana para pengguna bisa membaca pesan yang dikirim atau diterima.

"Jadi tidak ada orang lain yang bisa melihat atau mendengarkan percakapan pribadi Anda, bahkan WhatsApp," tegas pernyataan resmi Facebook.



Simak fakta dan data Corona dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi