sign up SIGN UP search


trending

Alasan di Balik Mahalnya Si Cantik Monstera, Ada yang sampai Puluhan Juta

Yuni Ayu Amida   |   Haibunda Sabtu, 20 Jun 2020 22:00 WIB
monstera caption
Jakarta -

Beberapa tahun terakhir ini ada fenomena dalam dunia tanaman hias, Bunda. Sebuah tanaman bernama monstera menjadi spektakuler lantaran harganya yang mencapai jutaan rupiah.

Melansir Blog Leon and George, tanaman monstera ini terdiri dari beragam jenis. Setidaknya ada dua jenis monstera yang berbeda. Keduanya memiliki susunan genetik yang diubah atau bermutasi karena menghasilkan warna berbeda.

Yang pertama adalah Thai Constellation Monstera, tanaman ini lebih umum dan lebih mudah dirawat. Daunnya berwarna hijau dengan sedikit bercak krem atau putih.


Sementara itu, yang lebih menarik adalah Monstera Albo. Tanaman jenis ini tidak umum dan membutuhkan perawatan yang lebih sulit. Tanaman ini pun menghasilkan daun dengan bercak putih besar, dan dalam beberapa kasus daunnya setengah atau penuh dengan warna putih.

Monstera adalah tanaman yang saat ini tergolong langka atau sulit ditemukan, Bunda. Hal itu karena tanaman ini menghasilkan lebih sedikit klorofil, karena itu fotosintesisnya jauh lebih sedikit. Menumbuhkan mereka tidak hanya lama, namun juga butuh tingkat keterampilan tertentu.

monsteramonstera/ Foto: istimewa

Sementara itu, permintaan terhadap tanaman ini cukup tinggi karena memang penampilannya yang menarik. Nah, hal inilah yang menyebabkan monstera menjadi tanaman langka yang sulit ditemukan. Dan jika ingin memilikinya, kita harus merogoh kocek cukup dalam.

HaiBunda pun mencoba mengecek kira-kira berapa harga yang ditawarkan untuk memiliki tanaman ini.

Tanaman monstera rupanya dijual di beberapa platform marketplace. Harga yang dipatok pun beragam, mulai dari puluhan ribu hingga lebih dari Rp6 jutaan. Namun ada pula beberapa pedagang yang menjual tanaman hias ini sampai puluhan juta rupiah, lho. Mahalnya harga tanaman jenis ini tergantung ukuran dan jenis tertentu. Semakin langka maka tanaman ini dijual dengan harga yang lebih mahal.

Dikutip dari YouTube Eddy Artha TV, tanaman ini memiliki perkembangannya lambat. Bahkan, dalam 3 bulan, baru muncul tunas kecil. Karena perkembangannya yang lambat inilah, yang membuat harganya bisa terus naik. 

Monstera merupakan jenis tanaman hias tropis, Bunda. Biasanya, tanaman ini digunakan untuk mempercantik ruangan dan membuat ruangan terlihat lebih asri.

Bunda bisa simak new normal di restoran dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/jue)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!