Sign Up search


moms-life

5 Tips Menata Tanaman Hias untuk Mempercantik Rumah Minimalis

Siti Hafadzoh Kamis, 26 Mar 2020 05:00 WIB
5 Tips Menata Tanaman Hias untuk Mempercantik Rumah Minimalis 5 Tips Menata Tanaman Hias untuk Mempercantik Rumah Minimalis/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Inna Fetjukova
Jakarta - Tanaman menjadi salah satu unsur dekorasi yang menarik untuk menghias rumah minimalis. Sebagai pilihan dekorasi simpel, tanaman juga punya manfaat untuk penghuni rumah lho.

Menurut perawat dan ahli medis, Deborah Weatherspoon, Ph.D, tanaman merupakan pembersih udara pertama di alam. Tanaman dapat membantu menghilangkan senyawa berbahaya dari bahan bakar, perabotan, dan pakaian.


"Tumbuhan juga dapat mengajari kita satu atau dua hal tentang empati," kata Weatherspoon dikutip dari Healthline.


Makanya, kita perlu menambahkan unsur tanaman hidup di dalam rumah. Nah, dikutip dari Lifestyle Asia, berikut 5 tips menata tanaman hidup di rumah minimalis.

1. Temukan keseimbangan

Bentuk ruangan menentukan jenis tanaman atau bunga yang cocok dijadikan hiasan. Ruangan yang didominasi furnitur berbentuk persegi panjang cocok dengan tanaman anggrek.

Selain itu, perhatikan juga variasi ukuran tanaman ya, Bun. Jangan sampai tanaman malah terlihat memenuhi ruangan.

2. Simpan di sudut ruangan

Daripada menaruh furnitur besar di sudut ruangan, lebih baik Bunda menempatkan tanaman hidup. Bunda bisa menyimpannya di samping sofa atau tempat-tempat yang terjangkau sinar matahari. Sehingga, rumah akan terkesan alami.

5 Tips Menata Tanaman Hias untuk Mempercantik Rumah MinimalisIlustrasi tanaman hias/ Foto: Instagram
3. Tanaman jenis terarium

Kalau Bunda tidak memiliki ruangan yang cukup besar untuk menyimpan tanaman, terarium bisa jadi solusinya. Terarium biasanya berisi beberapa pohon kaktus kecil yang disusun di dalam wadah kaca.

Tidak seperti tanaman sebelumnya, terarium tidak akan menghabiskan banyak tempat dan perawatannya cukup mudah. Bunda bisa menyimpan terarium di atas lemari atau meja ruang tamu.

4. Tanaman gantung

Ide lain untuk menyimpan tanaman di rumah adalah tanaman gantung atau taman vertikal. Sekarang, sudah banyak pot gantung yang dijual di pasaran.

Tanaman vertikal dapat menjadi elemen seni yang menarik diĀ rumah minimalis. Hiasan dinding yang satu ini lebih fungsional karena tanaman vertikal akan meningkatkan kualitas udara.


5. Rak tanaman

Terakhir, tanaman akan menarik kalau diletakkan di rak. Tanaman hias yang disimpan dan disusun di rak akan menjadi hiasan ruangan yang indah. Kuncinya ada pada kreativitas Bunda dalam menatanya.

Semoga tipsnya membantu ya, Bun!

Simak juga ide dekorasi kamar tidur untuk rumah modern minimalis dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]





(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi