sign up SIGN UP search


trending

Anak Tajir Digugat Ortu Gara-gara Ditelantarkan

Annisa Afani Sabtu, 25 Jul 2020 06:30 WIB
portrait of a sad asian senior man sitting by the window hand on chin. caption
Jakarta -

Sejak kecil, kita selalu diajarkan untuk berbakti kepada orang tua, apalagi jika mereka sudah sepuh atau lanjut usia (lansia) ya, Bunda. Bahkan, di China, menelantarkan orang tua bisa dianggap sebagai pelanggaran hukum lho.

Sayangnya, penelantaran orang tua oleh anak kandungnya beberapa kali terjadi. Kadang, ada orang tua yang menerima keadaan itu, tapi tidak dengan orang tua dari Provinsi Henan, China.

Dikutip dari Oddity Central, pasangan lansia bermarga Zhang ini menuntut putra mereka yang diketahui tajir karena lalai dan tidak membantu secara finansial pada tahun lalu. Pengadilan pada 10 Mei 2019 lalu memerintahkan sang putra untuk membayar tunjangan kepada orang tuanya setiap bulan. Namun, sang putra mengabaikan kewajibannya tersebut. Dia menelantarkan ayah dan ibunya.


Setahun berlalu, orang tua ini tak juga menerima sepeser pun uang dari anaknya. Merasa kecewa, mereka akhirnya melaporkan masalah itu kepada pihak kepolisian.

Prosedur hukum pun berjalan. Tindakan pertama yang dilakukan oleh polisi ialah pemanggilan pada sang putra dan dinasihati untuk memenuhi kewajiban hukum kepada orang tuanya. Namun, pria itu menolak.

Orang tua terlantarLansia bermarga Zang/ Foto: Oddity Central

Akhirnya, polisi yang menangani masalah ini melakukan penyelidikan. Setelah diselidiki, ternyata sang putra memiliki banyak uang di rekeningnya, Bunda. Namun entah mengapa, dia enggan membantu orang tuanya sendiri.

Polisi pun menelepon pihak bank anak durhaka itu menabung. Pihak berwenang meminta agar rekeningnya dibekukan sampai semua kewajiban kepada orang tuanya dipenuhi.

"Menyaksikan pasangan usia di atas 70 tahun mengandalkan hukum untuk menerima tunjangan dari anak mereka sendiri, sangat rasanya memilukan. Saya harap semua orang tahu bahwa merawat orang tua adalah tanggung jawab anak-anak mereka, sehingga yang menyakitkan ini tidak terjadi lagi," kata salah satu petugas polisi yang menangani kasus tersebut.

Miris ya Bunda. Semoga kita menjadi anak yang berbakti, begitu juga anak-anak kita ya.

Bunda, simak juga kisah cinta Yannie Kim yang sempat di tentang orang tuanya dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi