sign up SIGN UP search


trending

Kisah Luar Biasa Wanita Tajir Berharta Rp14 Triliun, Dulunya Sopir

Kurnia Yustiana Senin, 27 Jul 2020 22:40 WIB
Chen Ailian caption
Jakarta -

Kisah inspiratif datang dari seorang wanita China bernama Chen Ailian. Dia berhasil mengubah nasib dari miskin menjadi pebisnis sukses, hingga masuk jajaran orang terkaya di China.

Chen Ailian ini berasal dari kota kecil di China. Sosoknya hidup sederhana saat beranjak dewasa, jauh dari kata kemewahan, Bunda.

Dilansir Automotive News, Senin (27/7/2020), Ailian dulunya bekerja sebagai seorang sopir traktor. Wanita tangguh ini menjalani pekerjaan tersebut dengan sepenuh hati.

 Namun tentunya ia ingin agar hidupnya semakin sejahtera.


Memasuki tahun 1994, Ailian memberanikan diri banting setir menjadi pebisnis. Berhubung ia tak punya modal, wanita ini meminjam uang di bank lokal. Dari uang seadanya ini dia kemudian memulai bisnis pembuatan roda untuk sepeda motor.

Berbagai kesulitan di awal membangun bisnis dari nol ia lewati dengan sabar. Dia juga tidak takut berinovasi lho, Bunda.

Ailian mulai berinovasi memproduksi velg alumunium. Dengan kegigihan Ailian, perusahaan Zhejiang Wanfeng Auto Wheel yang dipimpinnya menjadi produsen velg alumunium terbesar di China.

Berbagai inovasi lainnya dari Ailian pun membuat bisnisnya semakin sukses. Dia semakin mengokohkan namanya sebagai pimpinan sukses dari Zhejiang Wanfeng Auto Wheel.

Kesuksesan bisnis wanita ini pun berbanding lurus dengan harta kekayaan yang semakin banyak. Dikutip Forbes, pada usia 62 tahun, Ailian bahkan masuk 2019 China Rich List versi Forbes, alias jajaran orang terkaya di China. Wah!

Wanfeng Auto Holding GroupIlustrasi/ Foto: Wanfeng Auto Holding Group

Harta kekayaannya mencapai US$1 miliar (Rp14,6 triliun). Tentu ini menjadi bukti kegigihan tidak mengkhianati hasil ya, Bunda. Dari seorang sopir traktor, dia tak menyangka sungguhan bisa menjadi orang terkaya di negeri kelahirannya.

Meskipun sibuk bekerja, Ailian juga tak melupakan kehidupan percintaannya. Dia menikah dengan Wu Liangding, seorang miliuner pengusaha tekstil di China.

Nah, Ailian memang membangun bisnis sendiri sejak awal, namun tak disebutkan pasti apa nama perusahaannya. Sejumlah laporan menyebut kalau bukan Ailian yang mendirikan perusahaan Waifeng yang kini dipimpinnya, melainkan sang suami.

Ada pula yang mengklaim bahwa wanita ini dulu pernah bekerja untuk perusahaan sang suami, dan Waifeng adalah perusahaan yang memisahkan diri dari jaringan bisnis tekstil suaminya.

Meskipun kabar pendiri perusahaan masih simpang siur, yang pasti perusahaan ini mencapai kesuksesan di masa kepemimpinan Ailian. Semoga kegigihan Ailian dalam dunia bisnis bisa menginspirasi ya, Bunda.

Simak juga video jatuh bangun nasib wirausaha Indonesia saat new normal di AS:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi