sign up SIGN UP search


moms-life

Deretan Tanaman Hias Termahal di Dunia, Ada yang Sampai Rp72 M

Siti Hafadzoh Senin, 27 Jul 2020 05:40 WIB
Purple Saffron,  crocuses flowerbed with green grass as background on Big Pasture Plateau Velika Planina. It is springtime symbol as flowers are coming out with melting of snow. It is in the Kamnik–Savinja Alps northeast of Kamnik, at about 1500 meters above sea level. Slovenia. caption
Jakarta -

Memiliki tanaman hias merupakan kesenangan menghadirkan kesenangan tersendiri. Memandangi bunganya yang indah bisa membuat Bunda merasa senang.

Nah, karena bentuknya yang indah, jarang tumbuh, atau keberadaannya langka, beberapa tanaman harganya bisa mencapai miliaran rupiah lho, Bunda. Bahkan, saking langkanya, ada juga bunga hias yang tidak dijual.

Dirangkum dari Treehugger dan Worthly, ini tanaman paling mahal di dunia:


1. Kadupul

Kadupul merupakan bunga yang hanya tumbuh di Sri Lanka. Bunga ini termasuk salah satu flora yang dilindungi, Bunda. Jadi, tak ternilai harganya.

Bunga kadupul hanya tumbuh setahun sekali di tengah malam. Ini menjadi objek wisata yang menarik untuk orang-orang dari berbagai negara.

Purple Saffron,  crocuses flowerbed with green grass as background on Big Pasture Plateau Velika Planina. It is springtime symbol as flowers are coming out with melting of snow. It is in the Kamnik–Savinja Alps northeast of Kamnik, at about 1500 meters above sea level. Slovenia.Ilustrasi bunga kadupul/ Foto: iStock

2. Juliet rose (Rp72,9 miliar)

Mawar yang satu ini berwarna agak oranye, seperti buah aprikot. Ternyata, ini adalah tanaman hias persilangan yang dilakukan oleh David Austin.

Diperlukan 15 tahun lho untuk menghasilkan juliet rose. Karena membutuhkan waktu yang lama untuk menemukan persilangan yang tepat, mawar ini dijual dengan harga 5 juta dolar atau setara Rp72 miliar.

3. Shenzhen Nongke Orchid (Rp2 miliar)

Meski bentuknya biasa saja, bunga anggrek yang satu ini harganya mencapai 202 ribu dolar atau setara Rp2 miliar lho. Kok bisa ya semahal itu?

Ternyata, bunga anggrek ini adalah hasil riset pertanian dari Shenzhen Nongke Group. Memerlukan waktu 8 tahun lho untuk mengembangkan anggrek ini.

4. Rotchschild orchid (Rp72 juta)

Anggrek ini dikenal juga sebagai Gold of Kinabalu. Sesuai namanya, anggrek ini hidup di alam liar di Taman Nasional Kinabalu Malaysia. Butuh bertahun-tahun untuk menunggu anggrek ini mekar, Bunda.

5. Saffron crocus

Bunga yang satu ini termasuk salah satu tanaman yang sedang hits nih, Bunda. Tanaman yang satu ini menjadi salah satu rempah termahal di dunia.

Untuk menghasilkan 500 gram saffron diperlukan sekitar 80.000 bunga lho. Harga saffron sendiri yaitu sekitar 1.500 dolar per pon atau sekitar Rp21,9 juta per 453 gram.

Lihat juga cerita Donna Agnesia menjani rumah tangga dengan Darius yang usianya 6 tahun lebih muda berikut ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi