sign up SIGN UP search


trending

Alhamdulillah, Gaji ke-13 PNS dan Pensiunan Dipastikan Cair Agustus

Yuni Ayu Amida Rabu, 29 Jul 2020 17:27 WIB
Ilustrasi THR Alhamdulillah, Gaji ke-13 PNS dan Pensiunan Dipastikan Cair Agustus/ Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Bunda yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, dan Polri tentu sudah tidak sabar dengan pencairan Gaji ke-13. Hanya saja, Bunda mungkin bertanya-tanya, kapan waktu pastinya ya?

Nah, kabar terbaru saat ini menyebut bahwa Gaji ke-13 direncanakan akan cair pada bulan Agustus 2020. Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.

Lebih lanjut, Sri Mulyani menuturkan bahwa pemberian gaji ke-13 ini tidak hanya untuk PNS tapi juga pensiunan, Bunda. Untuk skemanya, sama seperti Tunjangan Hari Raya (THR) Mei lalu. Jadi yang akan dapat gaji ke-13 hanya PNS level esalon III ke bawah serta pensiunan.


"Untuk kebijakan gaji dan pensiun ke-13, ini kami melaksanakan dengan perhatian kebijakan THR yang sudah dilakukan Mei lalu yakni tidak diberikan pada pejabat negara, pejabat eselon 1 dan 2 dan pejabat setingkat," kata Sri Mulyani.

Sementara itu, anggaran yang dialokasikan sebesar Rp28,5 triliun. Dengan rincian, untuk PNS Pusat Rp6,73 triliun, untuk pensiunan sebesar Rp7,86 triliun. Sedangkan untuk PNS daerah sebesar Rp13,89 triliun yang akan diberikan melalui APBD.

Ilustrasi THRIlustrasi THR/ Foto: detikcom

Nah karena menggunakan skema yang sama dengan THR, maka gaji ke-13 ini tidak diberikan secara penuh seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Gaji ke-13 pun hanya menghitung gaji pokok dan tunjangan yang melekat di dalamnya, tidak termasuk tunjangan kinerja (tukin).

"Iya. Tidak termasuk tukin," kata Direktur Jenderal Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan, Andin Hadiyanto, dilansir CNBC Indonesia.

Simak juga tips mengajari anak menabung dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi