TRENDING
Kaitan Nasi Putih dengan Risiko Diabetes Menurut Penelitian
Annisa Karnesyia | HaiBunda
Senin, 14 Nov 2022 12:05 WIBSejak dahulu nasi putih selalu dianggap sebagai penyebab diabetes. Kandungan dalam nasi putih dianggap bisa menaikkan kadar gula darah, Bunda.
Meski begitu, tak semua penelitian mengatakan bahwa nasi putih adalah makanan terburuk untuk disajikan. Dilansir Times of India, sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa setiap tambahan porsi nasi bisa meningkatkan risiko diabetes sebesar 11 persen. Namun, temuan ini berubah tergantung tempat atau negara, Bunda.
Studi tersebut dilakukan pada 45.000 peserta dan tidak ditemukan peningkatan signifikan diabetes dengan konsumsi nasi putih. Untuk menjelaskannya, studi terbaru dibuat dengan melibatkan 21 negara dalam penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian tahun 2020, konsumsi nasi putih bisa menimbulkan risiko diabetes. Risiko ini lebih umum terjadi di populasi Asia Selatan.
Studi yang dilakukan pada sekitar 130.000 orang dewasa selama 10 tahun di 21 negara, menunjukkan hasil yang berbeda tentang nasi putih. Studi ini dipimpin oleh Bhavadharini Balaji dari Population Health Research Institute, Hamilton Health Sciences dan Universitas McMaster, Kanada, dan dipublikasikan dalam jurnal Diabetes Care.
Proses penggilingan dan pembersihan nasi putih bisa menghilangkan nutrisi seperti vitamin B. Selain itu, menyebabkan kenaikan kadar gula darah karena indeks glikemiknya tinggi.
Ditemukan bahwa orang-orang di Asia Selatan memiliki kecenderungan genetik terhadap diabetes. Alasannya karena gaya hidup dan biologis. Data temuan ini membandingkan antara negara India, Bangladesh, dan Pakistan. Peserta penelitian ini berusia antara 35 sampai 70 tahun. Dari 132.373 peserta, 6.129 di antaranya mengembangkan diabetes selama 9,5 tahun.
Seperti kita tahu, konsumsi beras paling tinggi ada di negara Asia, yaitu Asia Selatan sebesar 630 gram sehari, disusul Asia Tenggara dan China sebesar 238 gram dan 200 gram per hari. Konsumsi yang tinggi ini dikaitkan dengan konsumsi makanan rendah serat, produk susu, dan daging.
China dan India menjadi dua negara terbesar di dunia yang menjadikan nasi putih sebagai makanan pokok. Namun, peneliti tak menemukan kaitan antara makan nasi putih dengan penyakit diabetes di China. Ini mungkin karena faktor gaya hidup orang di negara itu dan konsumsi nasi ketan.
Penelitian telah menunjukkan bahwa mengganti nasi putih dengan beras merah bisa menurunkan indeks glikemik sebesar 23 persen. Selain itu, bisa menurunkan respons insulin puasa sebesar 57 persen pada orang India di Asia yang kelebihan berat badan.
Sementara itu, orang yang mengonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok dapat memadukan dengan jenis makanan lain, seperti kacang-kacangan dan sayuran hijau untuk menurunkan risiko diabetes.
Simak juga enam tanda tubuh kelebihan gula, di video berikut:
(ank/som)TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
Sempat Tembus 500, Panji Petualang Ungkap Gula Darahnya Kini Normal & Ada Pantangan Makanan
Kondisi Panji Petualang Idap Anxiety Disorder karena Takut Kematian, Begini Gejalanya
Panji Petualang Idap Diabetes, Tubuh Makin Kurus Jadi Sorotan
Dicerai saat Dibui, Zumi Zola Kini Sulit Melihat & Minta Dibawakan Al-Qur'an
TERPOPULER
Tak Asal Bicara, Ini 7 Kalimat yang Dihindari Orang dengan EQ Tinggi
Ramai Selebgram Fahira Almira Bandingkan Pengobatan di RI & Penang, Diduga Ada 'Black Campaign'
Serunya Dhea Ananda Ajak Ibunda Liburan ke China, Daki Gunung Naik Eskalator
Orang Tua Kini Sewa Babysitter Khusus Anak Sekolah, Ternyata Ini yang Dilakukan
Tips Memilih Gaun untuk Maternity Shoot agar Tampil Cantik dan Flawless dengan Baby Bump
REKOMENDASI PRODUK
5 Rekomendasi Scalp Serum untuk Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok
Amira SalsabilaREKOMENDASI PRODUK
7 Ide Hiasan 17 Agustus 2026 Kemerdekaan yang Unik dan Menarik
Annisa KarnesyiaREKOMENDASI PRODUK
5 Wajan & Panci untuk Kompor Listrik Induksi, Awet & Anti Lengket
Amira SalsabilaREKOMENDASI PRODUK
7 Rekomendasi Susu UHT untuk Ibu Hamil
Amrikh PalupiREKOMENDASI PRODUK
7 Aksesori Anak untuk Karnaval Kemerdekaan 17 Agustus, Bikin Makin Gemas
Annisa KarnesyiaTERBARU DARI HAIBUNDA
Tak Asal Bicara, Ini 7 Kalimat yang Dihindari Orang dengan EQ Tinggi
Tips Memilih Gaun untuk Maternity Shoot agar Tampil Cantik dan Flawless dengan Baby Bump
Orang Tua Kini Sewa Babysitter Khusus Anak Sekolah, Ternyata Ini yang Dilakukan
Ramai Selebgram Fahira Almira Bandingkan Pengobatan di RI & Penang, Diduga Ada 'Black Campaign'
Serunya Dhea Ananda Ajak Ibunda Liburan ke China, Daki Gunung Naik Eskalator
FOTO
VIDEO
DETIK NETWORK
-
Rekomendit
Review Lampu Standing Salon: Worth It Buat Kerja Presisi Eyelash?
-
Beautynesia
Berapa Lama Durasi Liburan Ideal untuk Cegah Burnout? Ini Kata Psikolog
-
Female Daily
Usual Parfums × Barasuara “Hitam dan Biru”: Saat Lagu Menjadi Aroma
-
CXO
Turnamen Voli SBY Cup 2026 di Magelang 13-17 Mei, Ada LavAni-Samator
-
Wolipop
Potret Lisa BLACKPINK dan Blue Pongtiwat, Sahabat yang Digosipkan Pacaran
-
Mommies Daily
Drama Hayoung yang Bisa Masuk Daftar Tontonan Mommies, Terbaru Our Sticky Love