sign up SIGN UP search


trending

Pinkan Mambo Pernah Punya Utang Rp100 Juta, Stres hingga Botaki Rambut

Yuni Ayu Amida Kamis, 10 Sep 2020 16:15 WIB
Pinkan Mambo saat ditemui di studio Trans TV. caption
Jakarta -

Baru-baru ini penyanyi Pinkan Mambo muncul dengan pengakuan mengejutkan, Bunda. Beberapa tahun menghilang dari layar kaca, rupanya mantan vokalis Ratu ini mengaku pernah mengalami kejatuhan hidup.

Hal ini diketahui lewat curhatannya bersama Melaney Ricardo. Pinkan menceritakan, dirinya dan anak-anaknya pernah sampai tidak bisa makan. Duh, sedih banget ya mendengarnya.

"Bener banget, enggak bisa makan, enggak ada saudara yang bantu honestly," kata Pinkan, dilansir YouTube, Kamis (10/9/2020).


Tak hanya itu, hidupnya semakin sulit akibat ia memiliki utang Rp100 juta lebih. Ibu enam anak ini sampai bingung bagaimana cara melunasinya, karena duit Rp100 ribu pun ia tidak punya.

"Jangankan Rp100 juta, Rp100 ribu aja gue enggak punya. Gue enggak tahu harus cari Rp20 ribu itu darimana. Debt collector bilang harus bayar Rp20 juta minggu ini. Gue enggak tahu mesti cari Rp5 ribu perak tuh dari mana," ungkapnya.

"Karena gue dulu kan penyanyi, dan gue enggak tahu orang yang enggak nyanyi gimana, karena gue punya uang dari nyanyi, dari kecil nyanyi tiba-tiba jadi artis, hidup susah, jualan gue enggak ngerti dulu," sambungnya.

Pinkan mengenang bahwa hidupnya kala itu benar-benar berada di titik nadir. Bahkan 5 tahun ia tidak memiliki pekerjaan. Teman pun tak ada yang membantu.

"5 tahun enggak ada job, temen enggak ada yang bantu," ujarnya.

Pasrah dengan hidupnya, Pelantun lagu Kekasih Yang Tak Dianggap itu akhirnya memutuskan untuk tenggelam di dunia kerohanian. Ia ingin mendekatkan diri pada Tuhan sembari meminta bantuan.

"4 tahun aku tenggelam di dunia kerohanian, aku cari Tuhan, cari apa sih hidup ini," tuturnya.

Tekanan hidup yang begitu dasyat pernah membuat wanita 39 tahun tersebut merasa ingin bunuh diri. Ia juga nekat menggunting rambutnya hingga botak.

"Aku sampai sebal, mau bunuh diri, gunting rambut ampe botak, karena stres ada masalah dan enggak tahu ngaplikasiin Tuhan tuh gimana," paparnya.

Setelah lama berserah, akhirnya Pinkan merasa menemukan jalan keluar, Bunda. Ia mulai terpikir untuk membenahi hidupnya tahap demi tahap. Kala itu ia berpikir bahwa berdoa tanpa usaha tidak akan ada hasilnya. Jadi Pinkan mencoba untuk mulai buka usaha kecil-kecilan, mulai dari berjualan pisang goreng ke warung-warung, menjahit sprei tetangga, bikin donat hingga masakan lainnya.

"Aku find out, ternyata kita harus bekerja pakai otak, ya udah aku jual pisang, jahit sprei, aku bisa bikin donat," katanya.

Pingkan yang awalnya tidak bisa memasak, mencoba bangkit dan berbisnis kuliner. Ia percaya ada bantuan Tuhan yang akhirnya membuat masakannya jadi enak, yang kini jadi salah satu usahanya, yakni masakan Manado.

Sementara itu, untuk utang Rp100 jutanya, Pinkan juga menemukan jalan keluar. Ia akhirnya bisa mencicil utang tersebut dengan membayar Rp5 juta.

"Tuhan i believe in miracle. Ya udah habis itu, Tuhan kasih jalan keluar, dari utang-utang yang banyak bisa dicicil Rp5 juta, Rp5 juta, gue waktu ketemu debt collector bilang, 'Pak saya cicil Rp5 juta ya?'" kenangnya.

Kini hidup Pinkan jauh lebih baik. Ia bahkan berhasil membuka berbagai usaha. Seperti usaha laundry hingga jual masakan Manado.

Simak juga cerita Enno Lerian buka usaha dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi