sign up SIGN UP search


trending

Gratis, Tes Swab di Puskesmas jika Kontak Erat Pasien COVID-19

Annisa Afani Minggu, 11 Oct 2020 20:07 WIB
Ilustrasi Tes Swab caption
Jakarta -

Pemeriksaan uji spesimen atau Swab Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk masyarakat, khususnya yang memiliki kontak erat dengan pasien positif COVID-19 kini tak lagi dikenakan biaya, Bunda.

Hal ini diumumkan langsung oleh Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo. Mengutip dari laman resmi BNPB, Doni mengatakan bahwa pemerintah pusat telah mengirimkan reagen ke berbagai daerah untuk melakukan uji sampel spesimen virus penyebab COVID-19, yakni SARS-CoV-2.

Selanjutnya, pemerintah daerah yang telah menerima kiriman ini, melalui Dinas Kesehatan dan Puskesmas, dapat memberikan pelayanan serta penangan COVID-19 secara gratis berbasis data.


"Puskesmas seharusnya tidak memungut biaya karena reagennya dapat dari pusat, yakni Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Satgas COVID-19," jelas Doni.

Doni juga mengingatkan apabila masyarakat masih diminta untuk membayar, maka segera membuat laporan. "Kalau masih ada pungutan biaya, mohon laporkan agar kami bisa mencari solusi," tambahnya.

Pelayanan dan penanganan secara gratis ini menjadi upaya agar masyarakat tak lagi merasa terbebani, Bunda. Dengan begitu, hal ini akan mendukung pemerintah untuk terus melakukan pemeriksaan spesimen agar dapat segera memutus rantai penularan COVID-19.

Sementara itu, perkembangan serta penambahan kasus baru virus Corona di Indonesia masih terjadi, Bunda. Hingga hari ini, Minggu (11/10/2020), kasus positif COVID-19 bertambah dengan signifikan.

Mengutip covid19.go.id, penambahan kasus yang positif terinfeksi COVID-19 terhitung sebanyak 4.497. Dengan begitu, total pasien positif hingga hari ini telah mencapai 333.449 orang.

Jumlah pasien yang sembuh juga bertambah sebanyak 3.546. Sehingga, kini telah terakumulasi menjadi 255.027 orang, dengan 66,578 lainnya yang masih dalam perawatan sebagai pasien aktif.

Adapun yang meninggal dunia bertambah sebanyak 79 jiwa. Dengan penambahan ini, tercatat 11.844 kasus kematian akibat COVID-19. Ya, pandemi Corona di Indonesia masih belum usai, Bunda. Terapkan terus protokol kesehatan dengan disiplin dan benar.

Sehingga, Bunda dan keluarga bisa saling menjaga dan melindungi satu sama lain. Pastikan juga untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi ya, agar imun tubuh tetap terjaga.

Yuk, selalu #ingatpesanbunda #ingatpesanibu untuk #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan dan #cucitanganpakaisabun #satgascovid19

Bunda, simak juga tips aman naik commuter line saat pandemi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi