sign up SIGN UP search


trending

Yahoo Groups Resmi Ditutup 15 Desember 2020, Bagaimana Nasib E-mail Bunda?

Annisa Karnesyia Selasa, 13 Oct 2020 14:35 WIB
Yahoo Groups resmi ditutup pada 15 Desember 2020, Bunda. Yahoo mengumumkan bahwa konten diskusi yang berhubungan dengan grup akan dihapus secara permanen. caption
Jakarta -

Yahoo Groups resmi ditutup pada 15 Desember 2020 mendatang. Pengumuman ini telah disampaikan di website dan email pengguna Yahoo Groups.

"Yahoo Groups telah membuat keputusan untuk tutup pada 15 Desember. Yahoo Groups telah mengalami penurunan penggunaan yang stabil selama beberapa tahun terakhir," tulis Yahoo dalam laman resminya.

"Meski keputusan ini tidak mudah, terkadang kami harus membuat keputusan sulit terkait produk yang tidak lagi sesuai dengan strategi jangka panjang di saat kita juga harus fokus ke area bisnis lainnya," sambung pernyataan itu.


Dilansir ZD Net, perusahaan tekelomunikasi Verizon berencana menutup groups.yahoo.com untuk selamanya. Pengumuman yang disampaikan Verizon ini menandakan akhir dari Yahoo Groups yang diluncurkan 19 tahun lalu atau tahun 2001.

Yahoo Groups perlahan-lahan telah kehilangan penggunanya, Bunda. Kebanyakan pengguna beralih ke layanan yang baru, seperti Reddit, Google Groups, dan grup Facebook.

Verizon tidak memiliki rencana untuk mengaktifkan kembali layanan ini. Tahun lalu, layanan Yahoo Groups telah dihentikan secara bertahap. Dua tahap awal proses penutupan diumumkan pada Oktober 2019.

Pada saat itu, Verizon mengumumkan bahwa pengguna tidak bisa lagi membuat konten baru (diskusi) ke website setelah tanggal 21 Oktober 2019. Sebelumnya, perusahaan juga berencana untuk menghapus semua konten pengguna pada 14 Desember 2019 secara permanen.

Perubahan ini tetap membuat Yahoo Groups aktif, namun pengguna tidak bisa mem-posting diskusi baru di laman Yahoo. Pengguna hanya bisa melakukan percakapan melalui email massal ke semua anggota.

Menurut Verizon, mulai saat ini, pengguna Yahoo Groups sudah tidak bisa lagi membuat grup baru. Fungsi email group akan dibiarkan aktif, meski akan dihentikan penggunaannya setelah 15 Desember 2020.

Verizon mendorong setiap anggota Yahoo Groups untuk mengatur akun dan pindah ke papan pesan sebelum email mereka mulai terpental.

Ditutupnya Yahoo Groups pada 15 Desember mendatang tidak akan berpengaruh pada email pengguna akun ya, Bunda. Dalam laman resminya, Yahoo menegaskan bahwa Yahoo Mail masih bisa terus digunakan.

"Tidak (berpengaruh pada Yahoo Mail), satu-satunya yang dinonaktifkan adalah Yahoo Groups (groups.yahoo.com) dan e-mail yang dikirim dari Yahoo Groups. Yahoo Mail akan terus berfungsi secara normal," demikian keterangan tersebut.

Simak juga bioskop unik dengan menggunakan teknologi robot di Korea Selatan, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi