sign up SIGN UP search


trending

Bunda Merasa Alami Gejala Corona? Segera Lakukan 4 Hal Ini!

Annisa Afani Rabu, 18 Nov 2020 17:41 WIB
Pregnancy and illness. Sick pregnant woman blowing nose in tissue having fever sitting on sofa indoor Bunda Merasa Alami Gejala Corona? Segera Lakukan 4 Hal Ini!/Foto: iStock
Jakarta -

Kasus Corona atau COVID-19 di Indonesia masih berlanjut, Bunda. Artinya, kita diharuskan tetap menjaga, dan waspada dalam melindungi diri sendiri, dan keluarga.

Upaya yang dapat dilakukan ialah dengan mematuhi protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari. Enggak cuma itu, kita juga perlu menyadari, dan mempelajari gejala-gejala virus COVID-19.

Perlu kita ingat kembali, ada beberapa gejala COVID-19 yang umum dialami orang terinfeksi. Misalnya, demam tinggi di atas 38 derajat celcius disertai batuk, pilek, serta nyeri tenggorokan.


Apabila Bunda atau anggota keluarga mengalami gejala tersebut, ada sejumlah hal yang harus dilakukan. Mengutip dari Buku Saku Pencegahan "Masyarakat Produktif dan Aman COVID-19", berikut di antaranya:

1. Jangan panik, tenangkan pikiran

Menjaga pikiran agar tetap tetap tenang, dan tak panik menjadi hal penting dalam situasi seperti ini, Bunda. Tujuan adalah untuk mengetahui penyebab munculnya gejala yang dialami.

Tak bisa dimungkiri, gejala yang muncul tersebut mungkin bisa diakibatkan oleh gangguan psikosomatik. Ini diartikan sebagai keluhan fisik yang disebabkan oleh pikiran atau emosi dari pengaruh eksternal. Misalnya, berita terkait Corona yang menakutkan.

2. Istirahat di rumah

Jika Bunda atau keluarga terkena gejala Corona, artinya kondisi dan imun tubuh melemah. Kondisi ini pada akhirnya akan membuat kita lebih rentan terinfeksi penyakit-penyakit lain, yang ada di sekitar.

Agar terhindar dari berbagai penyakit lainnya yang mengancam serta untuk menjaga orang lain agar tidak tertular gejala yang kita alami, sebaiknya beristirahat di rumah, dan tidak ke mana-mana ya, Bunda.

3. Makan makanan bergizi

Untuk kembali membangun imun tubuh yang lemah, penting untuk makan makanan bergizi seimbang. Dengan imun yang kuat, tubuh akan terjaga dari serangan infeksi atau penyakit yang mengancam.

Chow Yun Fat dan istri
(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi