sign up SIGN UP search


trending

Waspadai Jumlah Pasien Corona Meningkat, Jangan Bosan Lakukan 3 Hal Ini Bun

Muhayati Faridatun Kamis, 26 Nov 2020 19:05 WIB
A mother wearing surgical mask helps daughter putting home made face mask during coronavirus pandemic. caption
Jakarta -

Tak terasa, sudah lebih dari 8 bulan kita menghadapi pandemi Corona atau COVID-19. Jumlah pasien Corona pun masih terus bertambah setiap hari. Inilah yang harus terus kita waspadai, Bunda.

Meski aktivitas di luar rumah beranjak normal, Bunda dan keluarga tak boleh menutup mata dengan pertambahan jumlah pasien Corona. Seperti disampaikan Juru Bicara Satgas COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito, kenaikan jumlah pasien Corona masih tinggi, Bunda.

"Tren kenaikan yang signifikan, perlu menjadi alert atau peringatan untuk segera melakukan tanggap siaga," ujar Prof. Wiku, mengutip laman covid19.go.id.


Perlu Bunda tahu, penularan COVID-19 di masyarakat yang masih tinggi ini terlihat dari tren peningkatan kebutuhan kapasitas tempat tidur di rumah sakit berbagai daerah. Enggak cuma pasien rawat jalan, tapi juga di Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan rawat inap.

Prof. Wiku lalu mengingatkan, kita harus mempertimbangkan beban kerja tenaga kesehatan, Bunda. Jangan sampai garda terdepan penanganan COVID-19 mengalami keletihan, yang akhirnya berpengaruh pada pelayanan kesehatan yang enggak maksimal.

Untuk mengatasi kondisi ini, pemerintah pusat melakukan langkah-langkah antisipasi yang bisa dilakukan pemerintah daerah, melalui Rekayasa Pelayanan Kesehatan. Kalau kenaikan pasien sebesar 20 sampai 50 persen, maka rumah sakit bisa menampung lonjakan pasien Corona hingga dua kali lipat.

Lalu, bagaimana kalau kenaikan pasien lebih dari 50 persen? Kalau kondisi seperti ini, rumah sakit bisa menggunakan ruang perawatan umum untuk ruang perawatan pasien COVID-19. Nah, kalau kenaikan pasien lebih dari dua kali lipat, rumah sakit bisa mendirikan tanda darurat atau rumah sakit lapangan.

Bunda perlu tahu juga nih, ada 5 provinsi yang ketersediaan tempat tidur ICU dan ruang isolasi di rumah sakit hampir penuh. Wah, provinsi mana saja ya? Bagaimana solusinya?

Klik NEXT yuk untuk baca selengkapnya.

Banner Elon MuskFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Bunda, simak juga yuk apa saja yang harus dipahami sebelum memutuskan berlibur panjang saat pandemi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



Pasien COVID-19 meningkat, harus lakukan apa?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!