sign up SIGN UP search

parenting

Sekolah Dibuka Lagi, Nadiem Kenalkan Hybrid Learning Nih untuk Cegah Corona

Ratih Wulan Pinandu Kamis, 26 Nov 2020 13:01 WIB
Nadiem Makarim caption
Jakarta -

Setelah 9 bulan kegiatan belajar-mengajar di dilakukan dari rumah, kini pemerintah mengumumkan akan segera membuka sekolah. Hal ini diatur melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran pada semester genap tahun ajaran dan tahun akademik 2029/2021 di masa pandemi COVID-19.

SKB ini disetujui dan ditandatangani oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri pada 20 November lalu, Bunda. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim menjelaskan bahwa nantinya keputusan mengenai sekolah tatap muka ini harus mendapat persetujuan juga dari pemerintah daerah, kepala sekolah, dan komite sekolah.

"Komite Sekolah adalah perwakilan orang tua dalam sekolah. Jadinya kuncinya, ada di orang tua. Di mana kalau komiteĀ sekolah tidak membolehkan sekolah buka, sekolah itu tidak diperkenankan untuk buka," ujar Nadiem dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.


Lebih lanjut, Nadiem mengungkap alasan membuka kembali sekolah, menurutnya, banyak permintaan dari pemerintah daerah, Bunda. Jadi, keputusan apakah sekolah harus dibuka atau tidak tergantung masing-masing daerah ya.

Dalam hal ini, keputusan membuka sekolah akan melibatkan persetujuan dari pihak kecamatan dan desa. Sehingga para pengurus di daerah tersebut bisa memberi penilaian dan pertimbangan apakah aman dari penularan COVID-19 jika anak-anak melakukan sekolah tatap muka.

Tak kalah penting, Nadiem juga mengingatkan persetujuan orang tua atau wali murid. Jangan sampai, keputusan untuk membuka sekolah malah akan membuat para orang tua cemas dan khawatir mengenai kesehatan anak-anaknya.

"Jika orang tua merasa tidak nyaman, sekolah tidak bisa memaksa anaknya masuk ke sekolah. Siswa tersebut bisa melanjutkan belajar melalui PJJ. "Jadi, hybrid model ini akan terus berada. PJJ bukan berarti berakhir," lanjut Nadiem.

Menyinggung sekolah hybrid, apakah Bunda tahu bedanya dengan model sekolah reguler? Nah untuk penjelasan lebih lanjut dari Nadiem, bisa Bunda simak di halaman selanjutnya ya. Klik NEXT ya!

Bunda, simak juga tips belajar efektif selama pandemiĀ dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Elon Musk



Mengenal sekolah model Hybrid
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!