sign up SIGN UP search


trending

3 Wanita yang Berperan Penting di Balik Misi Antariksa China

Siti Hafadzoh   |   Haibunda Jumat, 11 Dec 2020 23:00 WIB
Satellite orbiting near moon. caption
Jakarta -

Kalau di Amerika ada film Hidden Figures tentang tiga wanita ahli matematika, China punya cerita versinya sendiri nih, Bunda. Tiga hari setelah China berhasil meluncurkan pesawat ruang angkasa Chang'e 5 ke bulan, tiga wanita yang punya peran penting dalam pendaratannya jadi pusat perhatian lho.

Dilansir Inkstone, salah satu wanita itu adalah Zhou Chengyu. Wanita berusia 24 tahun ini adalah komandan sistem konektorĀ roket dalam program eksplorasi bulan. Nah, sosok Zhou Chengyu ini menjadi trending topic di media sosial China, Weibo.

"Semua orang penasaran dengan Zhou karena dia adalah wanita yang masih muda," kata Wan Chaoran, kandidat doktor bidang teknik kimia di China University of Mining and Technology.


Dua wanita lainnya adalah Cu Yihan, yang mengelola peralatan perangkat lunak peluncuran roket. Ada juga Sun Zhenlian, direktur sistem pendukung peluncuran roket.

Chaoran mengatakan bahwa wanita seperti Zhou tidak biasanya punya posisi penting di China dalam program eksplorasi luar angkasa. Berita khusus yang dibuat penyiaran China menunjukkan tidak ada wanita yang diakui dalam pemberitaan China sebelumnya.

"Saya berharap suatu saat media tidak perlu lagi membuat laporan khusus tentang ilmuwan perempuan. Kita semua manusia, melakukan pekerjaan yang sama," kata Chaoran.

Namun, di sisi lain wanita yang juga bekerja di bidang sains mengapresiasi media pemerintah menyorot perempuan yang berkontribusi dalam Chang'e 5, Bunda.

"Jika Anda melihat semua wanita yang bekerja dan belajar di bidangĀ sains dan teknik di China, jumlah totalnya mungkin sebanding dengan pria," kata Cai Zhen, seorang Associate Professor dari Institute of Microbiology di Chinese Academy of Sciences.

Cai Zhen mengungkap adanya hambatan sebagai ilmuwan wanita di China. Ini membuat ilmuwan wanita sulit mencapai puncak karier. Apa saja hambatan yang dialami para wanita yang bekerja di bidang sains?

Klik NEXT untuk melihat halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga cerita Angie 'Virgin' yang tak lagi aktif di dunia hiburan dan lebih memilih kerja kantoran berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

Banner istri mensosFoto: HaiBunda

Hambatan sosial bagi wanita yang belajar sains dan teknik
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!