sign up SIGN UP search


trending

Lawan Penyebaran COVID-19 dengan Aman, Iman, dan Imun

Annisa Afani Kamis, 29 Oct 2020 17:11 WIB
Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo caption
Jakarta -

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 bersama 23 presenter televisi nasional Indonesia merilis sebuah lagu mars, Bunda. Dengan judul 3 Wajib Aman, Iman, Imun, terdapat lirik berisi ajakan menjalani hidup sehat untuk melawan penyebaran COVID-19.

Aman, merupakan frasa yang mengingatkan masyarakat agar menjalankan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta mencuci tangan pakai sabun. Lalu Iman, merujuk agar masyarakat selalu dekat dengan Tuhan Yang Maha Esa. Sedangkan Imun, masyarakat diimbau untuk menjaga imunitas tubuh dengan istirahat yang cukup serta makan makanan bergizi dan seimbang, sehingga tidak gampang terserang penyakit.

Disutradarai oleh Dody Isnaini selaku anggota Grup Kahitna sekaligus pencipta lagu, para presenter yang berkontribusi ini diminta untuk menyanyikan lagu mars tersebut di studio siaran televisi masing masing. Lalu, dari rekaman tersebut, akan dikolase sebagai video klip berdurasi 1 menit 13 detik.


Video klip tersebut sudah dirilis sejak Rabu, (28/10/2020) lalu, Bunda. Dalam pertemuan virtual di tanggal yang sama, Dody bersama Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Doni Monardo, serta para presenter menjelaskan bahwa lagu tersebut tidak murni mars. Sebab, lagu tersebut diberi sedikit sentuhan pop agar mudah dinyanyikan oleh masyarakat.

"Kalau mendengar lirik lagu 'tidur cukup itu pasti', di situ sentuhan popnya. Jadi kalau boleh saya mengatakan, ini mars pop. Setelah (pembuatan) lagu disetujui, saya melakukan rekruitmen terbuka lewat Instagram. Lalu ada presenter Friska, yang pertama respons, kemudian muncul ide bagaimana kalau news anchor saja yang nyanyi," kata Dody dalam siaran press pada Kamis, (29/10/2020).

Dody menganggap bahwa idenya dengan memilih news anchor sebagai penyanyi cukup tepat. Karena menurutnya, news anchor merupakan garda terdepan dalam penyampaian informasi pada publik. Dody bahkan mengakui bahwa news anchor ini juga sangat dikenal oleh khalayak setelah para artis.

"Artis nyanyi mungkin biasa, tetapi kalau presenter berita menyanyi jadi kejutan, menarik perhatian sehingga masyarakat bisa merasa ikut dan terajak," tuturnya

Menanggapi hal ini, Doni Monardo secara khusus menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan para presenter dan pimpinan stasiun televisi yang bekerja sama, Bunda. Doni pun turut yakin seperti Dody, dengan dibawakan para presenter, maka lagu mars tersebut akan lebih akrab di telinga masyarakat. Terpenting, pesan utama dalam lagunya pun tersampaikan dan bisa diterapkan.

"Apa yang dilakukan teman-teman presenter jadi bagian bela negara, pahlawan bukan hanya mereka yang mengangkat senjata. Saat kita sedang menghadapi ancaman COVID-19, maka para dokter, petugas medis, juga presenter yang berjuang untuk menyelamatkan bangsa dari ancaman ini juga disebut pahlawan," ungkap Doni.

Nah, sebagai bentuk dukungan kita dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19, selalu #ingatpesanbunda untuk #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun ya!

Bunda, simak juga yuk fakta dan hoaksĀ Covid-19 dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi