sign up SIGN UP search


trending

Pernah Alami Rasisme, dr Tirta Mati-matian Raih Sukses Berkat Pesan Ortu

Yuni Ayu Amida Sabtu, 09 Jan 2021 18:16 WIB
Dokter Tirta caption
Jakarta -

Nama dr.Tirta mulai jadi perbincangan semenjak dirinya lantang menyuarakan kasus COVID-19. Di balik karakter yang terlihat tangguh saat ini, rupanya pria bernama asli Tirta Mandira Hudi ini punya kisah kelam pada masa kecilnya lho, Bunda.

Bisa dikatakan bahwa masa kecil dokter Tirta cukup berat, Bunda. Ia pernah mengalami rasisme hingga ditolak banyak sekolah.

Pria yang kerap memakai kaca mata ini sebenarnya lahir dari ayah keturunan Jawa dan ibu berdarah China. Ia juga hidup dalam keluarga dengan lingkungan agama berbeda.


"Gue anak campuran Jawa dan China. Bokap gue muslim, nyokap gue non muslim," kata dr Tirta, dikutip dari YouTube Denny Sumargo, Jumat (8/1/2021).

Dokter eksentrik yang juga seorang influencer ini bukanlah berasal dari keluarga berada. Kedua orang tuanya bekerja sebagai karyawan bank. Mereka harus bekerja pagi hingga malam demi bisa menyekolahkan anak semata wayangnya itu.

"Karena enggak ada duit, bokap nyokap tuh kerja dari jam 7 sampai jam 7, overtime terus supaya gue bisa sekolah," katanya.

Karena orang tuanya sibuk, dr.Tirta pun sering ditinggal sendirian. Rupanya itu membuat dia merasa jadi anak yang kurang kasih sayang.

Meski demikian, dokter Tirta tak ingin menyalahkan orang tuanya. Karena biar bagaimana pun, orang tuanya sudah bekerja keras demi masa depannya.

"Ya jelas kurang (kasih sayang). Dari umur 7 tahun gue sudah disuruh sendiri terus. Enggak bisa nyalahin bokap nyokap, kalau mereka enggak kayak gitu, gue enggak bisa sekolah," ungkapnya.

Terkait rasisme yang pernah dr.Tirta hadapi, ini terjadi ketika ia tinggal di Solo.

"Karena kan gue ditolak di mana-mana, karena gue ras campuran, saat itu di Solo rasialisme masih tinggi," kenangnya.

Lalu, apa isi pesan orang tua dokter Tirta, yang kemudian menjadi titik balik hidupnya untuk meraih sukses?

Klik halaman selanjutnya.

Simak juga alasan kasus COVID-19 semakin meningkat dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Artis penyintas COVID-19
(yun/muf)
Pesan orang tua jadi bekal kesuksesan dr.Tirta
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi