sign up SIGN UP search


trending

Peringatan dari BMKG Bun, 6 Provinsi di Jawa Siaga Banjir 18-19 Februari 2021

Annisa Afani Rabu, 17 Feb 2021 20:04 WIB
Woman with umbrella and backpack standing in rain at lake caption
Jakarta -

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) baru saja mengeluarkan peringatan dini bahaya banjir, Bunda. Dalam peringatan tersebut, ada enam provinsi di Pulau Jawa yang berstatus siaga banjir.

Berdasarkan dari data BMKG yang dirangkum pada Rabu (17/2/2021), beberapa provinsi tersebut ialah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

"Berlaku 18 Februari 2021 pukul 07.00 WIB s/d 19 Februari 2021 pukul 07.00 WIB," demikian yang ditulis dalam keterangan BMKG.


Kemudian, dalam laman BMKG juga menyatakan adanya potensi terjadi hujan lebat kategori 6. Untuk provinsi Jawa Barat, hujan lebat tersebut berpotensi terjadi pada Kota dan Kabupaten Bekasi, serta 11 kecamatan yang akan terpengaruh oleh hujan lebat tersebut.

Sedangkan untuk wilayah di DKI Jakarta, terdapat lima wilayah dan 60 kecamatan yang terdampak. Meski masih dianggap berpotensi, namun Bunda bisa mulai untuk berhati-hati waspada, ya.

Untuk wilayah DKI Jakarta yang berpotensi tersebut, yakni Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat.

Sementara di Banten, wilayah yang berpotensi terkena dampak hujan lebat hingga berpotensi banjir adalah wilayah Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang.

Lebih lanjut, Jawa Tengah turut mendapat peringatan, Bunda. Di sana juga akan terjadi hujan lebat berpotensi banjir.

Menurut informasi, hal tersebut bisa terjadi di 14 kota dan 132 kecamatan, lho. Wilayah berpotensi tersebut merentang dari Tegal hingga Demak.

Begitu pula di DI Yogyakarta, Bunda. Wilayah ini akan alami hujan lebat dan berpotensi terjadi di 5 kota serta 59 kecamatan.

Untuk informasi selanjutnya, klik baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, simak juga tips menangani korban trauma bencana alam dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Nia RamadhaniFoto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari
PROVINSI STATUS BENCANA BANJIR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi