sign up SIGN UP search


trending

Jawaban Salah Mendikbud Nadiem saat Dikasih Soal Matematika oleh Jerome Polin

Annisa Afani Rabu, 31 Mar 2021 10:28 WIB
Ngobrol dengan Jerome Polin, Nadiem Makarim Curhat Susahnya Jadi Mendikbud caption
Jakarta -

Belum lama ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nadiem Makarim, melalukan sesi live di Instagram bersama influencer Jerome Polin, Bunda. Keduanya ngobrol banyak hal pada Senin malam (29/3/2021) lalu.

Untuk Bunda ketahui, Jerome Polin merupakan seorang pelajar yang tengah menempuh menempuh pendidikan di Waseda University dengan jurusan Matematika Terapan. Selain memiliki kesibukan menuntut ilmu, pria kelahiran Surabaya ini juga aktif di YouTube, Instagram, maupun TikTok.

Dalam platfrom tersebut, Jerome kerap kali membagikan konten yang sangat bermanfaat terkait pendidikan. Mulai dari soal beasiswa, memamerkan kemampuan berhitung, menjelaskan beberapa penyelesaian soal matematika hingga hal-hal menarik lainnya.


Nah Bunda, dalam live bersama Mendikbud, Jerome mengakui pada Nadiem bahwa sejak sekolah dasar, ia bercita-cita sebagai menteri Pendidikan Indonesia. Katanya, ia ingin memperbaiki kualitas pendidikan di Tanah Air.

Menurut Jerome, ada tiga hal yang mesti diperhatikan dalam upaya memperbaiki hal tersebut, yaitu pemerataan pendidikan, kesejahteraan guru, dan perbaikan kurikulum.

Selain itu, Jerome juga menambahkan bahwa pendidikan moral dan berpikir kritis menjadi hal yang penting untuk ditanam sejak dini. Sehingga, metode tes menghafal yang selama ini diterapkan dianggap tak dapat menciptakan generasi inovatif dan kritis. Pendapat Jerome pun disetujui oleh Nadiem lho, Bunda.

"Karena generasinya biasa menerima info mentah-mentah, ujung-ujungnya kemakan hoaks. Anak-anak harus terbiasa debat, buat essay, untuk melatih pemikiran logis dan beropini. Anak-anak harus jadi partisipator dan co-creator dari pendidikan mereka," kata Nadiem.

Sejak awal, Jerome memang tampak gugup untuk berbincang dengan Nadiem, Bunda. Bahkan, beberapa kali ia terlihat kaku dan salah tingkah.

Untungnya, semua dapat berjalan dengan lancar. Keduanya pun sempat bermain tebak-tebakan hingga menjawab soal matematika yang menjebak.

"Mas Menteri tolong jawab dengan cepat ya Mas, 1+1x0," tanya Jerome pada Nadiem.

Karena diminta untuk menjawab cepat, sontak Nadiem menjawab soal tersebut dengan jawaban keliru. "0 (nol)," jawabnya cepat.

Mendapat jawaban tak tepat, Jerome pun kembali mengulangi pertanyaan yang sama pada Nadiem. Saat itu, barulah Nadiem menyadari bahwa jawaban yang ia berikan salah karena terjebak dengan angka 0 di ujung.

"Harusnya satu (1) ya, aduh. Jadi 1 sama 0 nya duluan, baru 0 ditambah 1 jadi 1. Tricky banget sih (soalnya)," ungkap mantan CEO Gojek itu sambil tertawa.

Menjawab soal matematika memang harus tahu rumus yang tepat ya, Bunda. Bunda juga bisa lho memperkenalkan anak berhitung sejak kecil. Namun, cara mengajarkannya bisa dengan sambil bermain. 

Simak informasi selengkapnya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, simak juga tips belajar online efektif selama pandemi dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA AJARI ANAK BERHITUNG SAMBIL BERMAIN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi