sign up SIGN UP search


trending

Gawat! COVID-19 Varian Delta Sudah Menyebar ke Luar Pulau Jawa

Annisa Afani Rabu, 14 Jul 2021 19:20 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin caption
Jakarta -

Penyebaran COVID-19 di Indonesia tak lagi dapat dianggap sepele, Bunda. Belum lama ini, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin kembali mewanti-wanti soal penyebaran virus varian Delta.

Sejauh ini sudah ada sejumlah provinsi di Tanah Air yang masuk dalam radar Menkes Budi. Tak hanya Pulau Jawa, kini telah menyebar ke luar pulau.

"Karena ledakan dari varian Delta tidak merata sekarang. Mereka terkonsentrasi di Jawa dan kita sudah melihat mereka sudah mulai menyebar ke luar Jawa," kata Budi dalam rapat Komisi IX DPR RI yang disiarkan akun YouTube DPR RI, dikutip dari detikcom pada Rabu (14/7/2021).


Lebih lanjut, Menkes Budi juga menyebut ada enam provinsi di luar Pulau Jawa yang teridentifikasi. Yakni dari Sumatera Selatan (Sumsel) hingga Papua Barat.

Banner Rektor Termuda IndonesiaBanner Rektor Termuda Indonesia/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

"Jadi Lampung, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, Papua Barat, Kepri, dan Bengkulu sekarang sudah masuk di radar kita di luar rumah sakit di Jawa," ujar Menkes Budi.

Berdasarkan penyebaran dan peningkatan kasusnya, Menkes Budi mengatakan penyebaran di provinsi tersebut mirip dengan virus COVID-19 varian Delta. "Kalau kita amati penyebarannya dan laju peningkatannya, ini ciri-ciri varian dari mutasi Delta," tuturnya.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI. 

(AFN)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi