sign up SIGN UP search


moms-life

Ciri-ciri dan Gejala Virus COVID-19 Varian Delta, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Jumat, 03 Sep 2021 16:27 WIB
Corona caption
Jakarta -

Kasus positif COVID-19 di Indonesia mengalami lonjakan selama beberapa pekan terakhir. Virus COVID-19 varian Delta juga telah ditemukan di Indonesia, Bunda.

Virus varian baru ini perlu diwaspadai karena lebih berbahaya dan menular. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan bahwa varian virus ini adalah hasil dari perubahan gen virus yang bereplikasi, lalu bermutasi secara alami dari materi genetiknya.

Virus COVID-19 varian Delta pertama kali ditemukan di India. Virus ini pertama kali dideteksi pada Oktober 2020 dan sebelumnya dikenal dengan nama B16172.


Varian Delta telah terbukti lebih menular dibandingkan virus induk atau awalnya. Di Inggris, ada lebih dari 42 ribu kasus varian Delta ditemukan. Kasus ini naik 70 persen dari minggu sebelumnya atau naik 29 ribu kasus dalam waktu sepekan.

"Public Health England (PHE) juga melaporkan bahwa varian Delta ternyata 60 persen lebih mudah menular daripada varian Alpha. Juga waktu penggandaannya (doubling time) berkisar antara 4,5 sampai 11,5 hari," kata Mantan Direktur WHO SEARO, Prof Tjandra Yoga Aditama, dikutip dari detikcom.

Karakteristik varian Delta cukup berbahaya dibandingkan induknya. Varian ini dapat menyebabkan peningkatan risiko rawat inap 2,61 kali lebih tinggi.

Banner Reaksi Anak UASBanner Reaksi Anak UAS/ Foto: Mia Kurnia Sari

Risiko rawat inap ini juga memungkinkan peningkatan risiko sakit berat, sehingga membutuhkan alat bantu napas atau ventilator sebanyak 1,67 kali lebih tinggi. Artinya, varian baru COVID-19 ini bisa meningkatkan kemungkinan angka kematian yang lebih tinggi.

Dalam akun Instagram miliknya, kandidat PhD di bidang kedokteran Kobe University dr. Adam Prabata menyebutkan bahwa varian Delta terbukti menurunkan kemampuan penetralisir antibodi. Ini artinya, ada kemungkinan orang yang pernah terinfeksi varian Delta bisa terinfeksi kembali atau risiko reinfeksi.

Virus varian Delta ini dikatakan juga memiliki ciri dan gejala berbeda dari virus induknya, Bunda. Simak penjelasan lengkap di halaman berikutnya ya.

Simak juga 7 aktivitas berisiko yang bisa menularkan COVID-19, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CIRI DAN GEJALA VIRUS COVID-19 VARIAN DELTA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!