sign up SIGN UP search


trending

Anak Sopir Angkot Lulus S1 di Taiwan, Pernah Diremehkan Bakal Jadi Pembantu

Asri Ediyati Rabu, 21 Jul 2021 20:30 WIB
TIPS MENGHADAPI NYINYIRAN
Ilustrasi tetangga nyinyir caption

Nuzulia Rahma Tristinarum, seorang konselor dan psikolog Pro Help Center (Layanan Konsultasi Pendidikan dan Psikologi) mengatakan ada beberapa tips untuk menghadapi nyinyiran orang atau tetangga.

Yang pertama, tanggapi dengan tersenyum. Menurutnya, simpan energi Anda untuk tidak merespons 'nyinyiran' tersebut. Cukup berikan senyuman. Percayalah, seiring waktu, orang yang 'nyinyir' akan diam sendiri karena tidak ada respons.

Lalu, alihkan pembicaraan. Saat berkumpul keluarga atau pertemuan, tak tertutup kemungkinan hadir seseorang yang 'nyinyir'.


"Entah membandingkan atau menanyakan hal yang privasi. Anda harus mengalihkan pembicaraan tersebut dan ganti topik baru agar tidak membahas masalah privasi terlalu jauh," kata Nuzulia, dilansir detikcom.

Jika tidak bisa mengalihkan pembicaraan, alihkan pikiran dan perasaan Bunda terhadap hal lain yang membuat nyaman dan tenang. Sebaiknya, jangan terlalu dipikirkan. Kontrol pikiran dan perasaan agar tidak mengalami stres dan tertekan akibat omongan tersebut.

Ketika seseorang yang 'nyinyir' berada di dekat Bunda, imajinasikan bahwa Bunda berada di ruang yang berbeda dan menghindar sampai ucapan itu tidak terdengar.

"Kalau memungkinkan kita menghindar, lebih baik menghindar. Jika tidak bisa juga, sebaiknya diam dan tidak menanggapi atau sibukkan diri dengan hal lain," ujar Rahma.

(aci/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!