sign up SIGN UP search


trending

Keren Banget! 10 Negara Ini Punya Rerata IQ Tertinggi Bun

Mutiara Putri Jumat, 08 Oct 2021 12:35 WIB
Young asian woman studying in the room. Education concept. Science technology. Mathematics. caption
Jakarta -

Tak ada yang bisa mengetahui kecerdasan seseorang tanpa melakukan tes terlebih dahulu, Bunda. Tes yang biasanya dijalankan untuk mengukur seberapa cerdas seseorang adalah tes intelligence quotient atau IQ.

Melansir dari laman Verywell Mind, tes IQ adalah tes penilaian yang mengukur berbagai kemampuan kognitif dan memberikan skor yang dimaksudkan sebagai ukuran kemampuan dan potensi intelektual individu, Bunda. Tes ini adalah salah satu tes psikologi yang umum dilakukan, lho.

Terdapat sejumlah tes kecerdasan yang berbeda dan bervariasi yang bisa dijalani, Bunda. Beberapa digunakan oleh orang dewasa, namun beberapa jenis lainnya dibuat khusus untuk anak-anak.


Beberapa tes kecerdasan yang umum digunakan adalah Sistem Penilaian Kognitif, Tes Kecerdasan Nonverbal Universal, hingga Skala Kecerdasan untuk Anak-anak.

Selain digunakan untuk mengukur kecerdasan seseorang, skor IQ juga digunakan untuk mengukur skala kecerdasan suatu negara nih, Bunda. Tak hanya itu, aksesibilitas dan sumber daya yang tersedia di negara tersebut juga bisa terlihat dari skor rata-rata IQ penduduknya.

Janin Menangis di Kandungan

Situs resmi World Population Review menggambarkan IQ di setiap negara dengan warna, Bunda. Warna ungu yang lebih gelap menandakan bahwa skor rerata IQ negara tersebut lebih rendah.Sementara negara dengan warna merah-oranye memiliki rata-rata skor IQ lebih tinggi.

10 Negara dengan Rerata IQ Tertinggi

Berdasarkan data tersebut, ada 10 negara yang memiliki rerata IQ tertinggi di tahun 2021, Bunda. Berikut ini daftar lengkapnya.

1. Singapura

Singapura merupakan satu-satunya negara dari Asia Tenggara yang masuk dalam daftar Top 10 negara dengan IQ tertinggi. Skor rerata IQ yang berhasil diraih penduduk Singapura mencapai 107,1 dengan total penduduk tahun 2021 sebesar 5,89 juta jiwa.

2. China

China menyusul Singapura sebagai negara dengan skor IQ tertinggi di dunia dengan rerata 105,8. Besaran penduduk China berdasarkan data tahun 2021 mencapai 1,44 miliar jiwa.

3. Hong Kong

Skor rerata IQ yang diraih Hong Kong tidak jauh berbeda dengan China. Penduduknya berhasil meraih skor dengan rerata 105,7 yang hanya terpaut 0,1 poin dari China. Total penduduk yang mendiami negara cerdas nomor tiga di dunia ini sebanyak 7,55 juta jiwa.

4. Jepang

Urutan keempat negara dengan skor rerata IQ tertinggi masih ditempati oleh negara Asia, yaitu Jepang. Jepang dengan 126,1 juta penduduk pada tahun 2021 berhasil meraih rerata IQ hingga 105.

5. Korea Selatan

Korea Selatan dengan populasi penduduk pada tahun 2021 mencapai 51,3 juta jiwa menempati posisi kelima sebagai negara dengan IQ tertinggi. Rerata skor yang berhasil diraih penduduknya mencapai 104,6.

Lantas negara mana lagi yang memiliki rerata IQ tertinggi ya, Bunda? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, lihat juga video mengenal putri Jet Li yang pernah magang di PBB berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(mua/som)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!