sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Cara Membuat Anak Cerdas Sejak dalam Kandungan, Enggak Cuma dari Makanan

Meita Fajriana Rabu, 06 Oct 2021 10:10 WIB
Ilustrasi ibu hamil makan sayuran caption

Jakarta - Siapa yang tidak ingin memiliki anak cerdas, Bunda juga salah satunya? Berbagai cara akan Bunda lakukan, bahkan sejak anak dalam kandungan agar kelak menjadi cerdas. Mulai dari pilihan makanan hingga mengubah gaya hidup lebih baik.

Lantas apa saja yang Bunda bisa lakukan untuk membuat anak cerdas sejak dalam kandungan?  Melansir dari laman The Bump, setiap orangtua akan melakukan usaha maksimal untuk anaknya bahkan sebelum mereka lahir, seperti mendengarkan musik mozart hingga membacakan buku sejak bayi dalam kandungan. Kita tidak tahu apakah dapat membuat anak cerdas, namun tidak ada salahnya bagi para Bunda mencobanya. 

"Kami menjadi ibu sejak kami mengetahui bahwa kami hamil, karena pilihan yang kami buat dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak kami yang belum lahir,” kata Katie Friedman, MD, seorang dokter anak yang berbasis di Florida.


Faktanya, pilihan sederhana yang Bunda buat setiap hari, mulai dari makan salad berdaun hijau untuk makan siang hingga berolahraga ringan seperti jalan santai dapat membantu membangun perkembangan otak anak bahkan dari dalam kandungan Bunda. 

Banner Pesan Novel Baswedan untuk IstriPesan Novel Baswedan untuk Istri/ Foto: HaiBunda/Mia

"Apa yang Bunda lakukan saat hamil dapat berdampak besar pada perkembangan otak dan kecerdasan anak di masa depan, sama seperti yang Bunda lakukan setelah melahirkan," kata Diane Ashton, M.D., M.P.H., dokter anak yang berbasis di Amerika Serikat. 

Yuk cari tahu beberapa cara agar kebiasaan sehat saat bayi di dalam kandungan dapat memberi kecerdasan pada bayi Bunda. Berikut penjelasannya Bunda!

1. Mengkonsumsi ikan

Memasukkan makanan laut dalam variasi menu makanan mingguan Bunda selama hamil dapat membantu meningkatkan skor kognitif bayi dan juga dapat mengurangi risiko gejala awal autisme. Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa anak-anak yang ibunya makan tiga hingga empat porsi ikan per minggu memiliki skor IQ 2,8 persen lebih tinggi daripada anak-anak yang lahir dari ibu yang makan lebih sedikit ikan. 

Ikan berlemak seperti salmon dan sarden, yang mengandung kadar DHA lebih tinggi daripada ikan tanpa lemak, menunjukkan efek paling kuat. DHA adalah asam lemak omega-3 yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh semua wanita hamil sebagai suplemen prenatal. Ini mendukung perkembangan otak bayi yang sehat. Selain itu, salmon dan sarden mengandung lebih sedikit merkuri daripada ikan yang lebih besar. 

Simak cara membuat anak cerdas sejak dalam kandungan di halaman berikutnya!

Bunda, catat nih makanan yang bantu mencerdaskan anak sejak dalam kandungan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



NGGAK CUMA MAKANAN, SIMULASI KECERDASAN JANIN DENGAN AJAK BICARA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!